Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Poco-Poco Meriahkan HUT ASEAN ke-43 di Praha, Ceko

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 09 Agustus 2010, 17:24 WIB
Poco-Poco Meriahkan HUT ASEAN ke-43 di Praha, Ceko
RMOL. Para Kepala Perwakilan negara-negara ASEAN yang bertugas di Praha, Ceko, tampak menikmati tari Poco-poco yang ditampilkan oleh Indonesia saat peringatan HUT ASEAN ke-43 tahun 2010.

“Meskipun diiringi hujan gerimis namun mereka tetap bergoyang memeriahkan ASEAN Family Day yang diselenggarakan pada Sabtu, 7 Agustus 2010,” tutur Azis Nurwahyudi, KUAI dan Counsellor Pensosbudpar KBRI Praha dalam rilisnya kepada Rakyat Merdeka Online, Minggu malam (8/8).

Acara peringatan HUT ASEAN, yang digelar di kediaman Dubes Regina Sarmento dari Philippina, menurut Azis Nurwahyudi, berjalan dengan meriah.

Arif Sulaksono, koordinator kegiatan dari KBRI Praha, mengatakan bahwa kegiatan tersebut baru pertama kali dilakukan oleh Prague ASEAN Group yang terdiri dari lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Philipina, Vietnam dan Thailand. Tujuan kegiatan selain untuk memperingati HUT ASEAN ke-43, juga untuk mengakrabkan semua staf perwakilan ASEAN di Praha dan keluarganya.

Selama acara berlangsung, ditampilkan berbagai kesenian dari masing-masing negara anggota. Indonesia menampilkan tari Persembahan dari Kepulauan Riau dan Poco-poco dari Sulawesi. Penampilan Poco-poco memberi kesan tersendiri bagi para kepala perwakilan.

Mereka turut menari bahkan meminta diajari sampai bisa. KUAI KBRI Praha, Azis Nurwahyudi, juga menjelaskan bahwa tari Poco-poco yang berasal dari Sulawesi sangat populer di Indonesia dan menjadi salah satu tarian kebanggaan bangsa Indonesia.

Sementara itu Malaysia dan Vietnam menampilkan nyanyian tradisional negara masing-masing, Thailand tampil dengan pameran cara mengukir buah, dan Philipina sebagai tuan rumah menampilkan tari Subli.

Kegiatan juga semakin marak dengan tersedianya aneka makanan khas masing-masing negara. Indonesia menampilkan nasi tumpeng yang dihiasi dengan aneka lauk yang lezat, Malaysia menampilkan Nasi Lemak, Thailand menyuguhkan Bakmi Goreng, Philipina menampilkan Ayam Santan dan Vietnam menyuguhkan springrolls khas negaranya,

Anak anak yang hadir turut merasa gembira karena panitia juga mengadakan aneka lomba untuk mengakrabkan anak-anak dari negara-negara ASEAN di Praha.

Duta Besar Zainal Abidin dari Malaysia yang menjadi Ketua ASEAN Prague Group pada akhir acara menyampaikan ucapan selamat kepada ASEAN atas usianya yang menginjak 43 dan berharap ASEAN Prague Group dapat berkembang dengan berbagai kegiatan lain yang bermanfaat. [arp]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA