Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Disambut Meriah di Sumpek International Folklore Festival, Ceko

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 25 Agustus 2010, 21:43 WIB
Indonesia Disambut Meriah di Sumpek International Folklore Festival, Ceko
RMOL. Tari Merak, Jali-Jali, Topeng Klono dan Cepot mendapat sambutan meriah di International Folklore Festival ke-20 di Kota Sumperk, Ceko. Rombongan kesenian Jawa Barat ini mendapat sambutan meriah sepanjang penampilan mereka, 18-23 Agustus 2010.

“Selama sepekan kota Sumperk yang jauhnya sekitar 226 kilo sebelah timur Praha menjadi kota internasional,” tutur KUAI/Counsellor Pensosbudpar KBRI Praha, Azis Nurwahyudi, dalam rilisnya kepada Rakyat Merdeka Online, Selasa (24/8).

Bendera Merah Putih, lanjut Azis Nurwahyudi, berkibar diantara bendara nasional Mauritius, Rumania, Serbia, Amerika Serikat, Swiss, Ukraina, Mesir, dan Turki.

Festival internasional tersebut juga diikuti 15 kontingen dari berbagai kota di Ceko dengan total 650 seniman yang berpartisipasi. 

Indonesia merupakan satu-satunya wakil dari Benua Asia.

Pada puncak acara, yakni karnaval keliling kota yang dilakukan Sabtu, 21 Agustus 2010, Indonesia juga mendapat sambutan hangat dari penonton. Warna-warni kostum tari dan berbagai bunyi kendang menghebohkan jalan utama kota Sumperk yang berpenduduk 28 ribu orang. 

Selain penari, tokoh wayang golek Cepot dan gunungan juga turut ditampilkan sepanjang karnaval tersebut. Sepanjang karnaval, peserta wajib tampil menari delapan kali selama kurang lebih 10 menit. Tari Jali-Jali, Tari Merak dan Tari Topeng Klono adalah tiga tarian yang ditampilkan oleh tim dari Indonesia ini.

Lenggak-lenggok dan kelincahan penari-penari Jawa Barat ini mengundang tepukan meriah 10.000 penonton, dan dengan antusias sebagian penonton turut menari saat para penari mengajak mereka bergabung. Anak-anak, remaja dan orang tua tak sungkan untuk turut serta dan menari mengikuti arahan para penari.

Sambutan meriah dari penonton untuk tim kesenian Indonesia berlangsung hingga titik terakhir dan juga diapresiasi dengan baik oleh tim-tim dari negara lain. Tim dari Tennessee Amerika Serikat misalnya, yang kemudian mengajak tim Indonesia untuk turut hadir di festival serupa di Tennessee.

Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Republik Indonesia di Praha, Azis Nurwahyudi menyatakan  bahwa ini adalah upaya untuk lebih memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Ceko, meningkatkan people to people contact dan pada akhirnya mengajak masyarakat Ceko berkunjung ke Indonesia.

Pemerintah Sumperk yang diwaliki Walikota Zdenek Broz juga sangat berterima kasih kepada KBRI Praha yang memenuhi  undangan untuk berpartisipasi dalam acara International Folklor Festival ke-20 tahun 2010.  Kehadiran Indonesia ini sangat bermanfaat bagi masyarakat internasional yang hadir di Festival Sumperk untuk lebih mengenal Indonesia yang letaknya sangat jauh dari Ceko. Pemerintah Sumperk juga mengundang tim Indonesia untuk kembali tampil di festival ini tahun 2011.

Delegasi Indonesia diwakili oleh tim kesenian dari Jawa Barat, pimpinan Deri Kemas dan Dr.Tetet Cahyati, yang sebelumnya tampil di acara Peringatan HUT RI ke-65 di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Praha.

Usai di Sumperk, tim kesenian Jawa Barat ini kemudian akan melanjutkan pementasan ke beberapa kota lain di Republik Ceko, yaitu Liptal, Plzen, Velka Bystrice dan kembali ke Praha untuk penampilan di Ovocny Trh, pusat pariwisata kota Praha yang sangat terkenal. [arp]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA