Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wayang Golek Ajen Tutup Festival Indonesia 2010 di Plzen, Ceko

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 05 September 2010, 02:04 WIB
Wayang Golek Ajen Tutup Festival Indonesia 2010 di Plzen, Ceko

RMOL. Wayang Golek Ajen yang dimainkan oleh dalang Wawan Gunawan dari Jawa Barat menjadi penutup acara Festival Indonesia 2010 di kota Plzen, Ceko. Penutupan dilakukan oleh Azis Nurwahyudi, KUAI KBRI Praha, pada Kamis, 2 September 2010.

Dalam rilisnya kepada Rakyat Merdeka Online, Sabtu (4/9), Azis Nurwahyudi menuturkan, Festival Indonesia 2010 yang dilakukan di kota Plzen berlangsung pada 28 Juli sampai 2 September 2010 merupakan kerjasama antara KBRI Praha dengan pemerintah kota Plzen dengan menampilkan tari tradisional, pameran kain tradisional, pameran produk unggulan, pemutaran film, dan ceramah tentang budaya Minangkabau, Sumatra.

Penutupan acara Festival Indonesia 2010, lanjut Azis Nurwahyudi, dilakukan di Amphitheater Plzen Plaza, pada Kamis, 2 September 2010 malam yang dihadiri oleh masyarakat dan wakil walikota Plzen,  Marcela Krejsova.

Menurut Azis, Wayang Golek Ajen yang dimainkan oleh dalang Wawan Gunawan menampilkan cerita Rama Shinta mampu menarik perhatian para pengunjung. Penampilan selama 30 menit ini dibumbui dengan adegan lucu ketika Cepot tampil dengan mengucapkan beberapa patah kata berbahasa Ceko dan direspon para penonton dengan tepuk tangan meriah.

Selain wayang juga ditampilkan tari Merak, Mojang Priangan dan Topeng Klono oleh tim kesenian dari Jawa Barat yang dipimpin oleh Dr. Tetet Cahyati. Yang juga menarik adalah ketika lagu Ceko, Vcelka Maja, dinyanyikan dengan irama gamelan, sehingga penonton ikut menyanyi dan menari di panggung.

Ke berbagai daerah di Ceko.

Tim Kesenian Jawa Barat secara khusus diundang oleh KBRI Praha dan Asosiasi Folklore Ceko untuk berpartisipasi pada acara folklore di beberapa daerah. Selain tampil di Plzen untuk menutup Festival Indonesia 2010, tim kesenian ini juga tampil di Sumperk, Liptal, Praha dan Velka Bystrice.

Rombongan yang terdiri dari penari, pemain gamelan, dalang, pembatik dan fotografer ini telah berada di Ceko mulai 16 Agustus dan akan kembali pada 6 September 2010.

Selama keliling ke beberapa daerah, mereka tampil bersama berbagai tim kesenian dari negara lain untuk memeriahkan folklore festival di kota-kota yang mengundang. [asa]

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA