Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ibu Negara Ceko Jatuh Cinta pada Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 30 November 2010, 14:54 WIB
Ibu Negara Ceko Jatuh Cinta pada Indonesia
Livia Klausova dan Emeria Siregar
RMOL. Ibu Negara Ceko, Livia Klausova, menyampaikan keinginannya untuk berkunjung ke Indonesia bersama suaminya tahun depan.

Keinginan tersebut, ungkap Counsellor Pensosbudpar KBRI Praha Azis Nurwahyudi kepada Rakyat Merdeka Online (Senin, 29/11), disampaikan Ibu Negara kepada Duta Besar RI di Praha, Emeria Siregar, saat mengunjungi anjungan Indonesia di acara International Christmas Bazaar, Minggu (28/11).

Pada perjumpaan singkat tersebut, lanjut Azis Nurwahyudi, Dubes Emeria Siregar menyambut baik keinginan Ibu Negara Ceko dan menyampaikan kenang-kenangan berupa syal batik sutera berwarna hitam dan emas.

Ibu Negara Ceko juga menyatakan terkesan dengan beragam gaun dan baju batik yang dikenakan para penjaga anjungan Indonesia yang berhiaskan payung Bali, kain tenun Sumba dan wayang golek. Klausova juga membeli beberapa cendera mata dari Indonesia.

Menurut Counsellor Ekonomi KBRI Praha, Guntur Setyawan, bazaar amal yang diselenggarakan oleh asosiasi isteri diplomat di Ceko ini diikuti lebih dari 40 negara dan beberapa organisasi internasional termasuk UNICEF. Seperti tahun-tahun sebelumnya kegiatan tersebut diadakan di Hotel Hilton Praha.

Tahun ini anjungan Indonesia yang diisi oleh Darma Wanita Persatuan KBRI Praha dan masyarakat Indonesia di Ceko menjual berbagai barang tradisional khas Indonesia. Selain aneka barang dari batik seperti baju, taplak meja, pernak-pernik perhiasan, juga dijual barang-barang dari tenun seperti kain dan tas. Makanan Indonesia seperi nasi kuning, nasi goreng, lemper, martabak, tahu isi dan ketan hitam juga laris dibeli oleh para pengunjung.

Acara tahunan ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat Praha. Ratusan orang hadir dan antusias membeli barang khas dari berbagai negara. Indonesia juga memberikan beberapa barang dan voucher spa tradisional Indonesia dan menginap di Hotel Borneo untuk diundi sebagai ‘door prize’ bagi para pengunjung.[ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA