Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Rakyat Bahrain Bersikeras Gulingkan Raja

LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Sabtu, 10 Maret 2012, 09:52 WIB
Rakyat Bahrain Bersikeras Gulingkan Raja
Raja Hamad bin Isa Khalifa/ist
RMOL. Puluhan ribu warga Bahrain kembali menggelar pawai unjuk rasa di ibukota Manama (Jumat, 9/3) untuk menuntut reformasi politik di negara tersebut.

Para demonstran prodemokrasi ini melakukan pawai di jalan bebas hambatan di pinggiran kota Manama. Aksi ini mereka lakukan setelah mendapatkan seruan dari ulama syiah Sheikh Isa Qassim, yang mendesak diadakannya aksi prodemokrasi yang lebih besar.

"Kita di sini untuk tuntutan kita bahwa kita tidak bisa menerima konsesi dan kita tetap pada tuntutan itu karena kita sudah berkorban untuknya," kata Sheikh Isa Qassim yang menyampaikan seruannya tersebut pada saat sembahyang Jumat di sebuah kampung bernama Diraz, sebagaimana dikutip BBC (Sabtu, 10/3).

Para pengunjuk rasa menuntut Raja Hamad bin Isa Khalifa mengundurkan diri dan mengecam kediktatoran sang raja saat menangani aksi unjuk rasa prodemokrasi dalam setahun terakhir ini. Selain itu mereka juga menuntut pembebasan para tahanan politik.

Sekitar 70 persen warga Bahrain merupakan umat Syiah dan mereka mengaku mengalami diskriminasi dalam mendapatkan posisi-posisi politik yang strategis.

Dilaporkan, sedikitnya 45 pengunjuk rasa tewas akibat tindakan aparat keamanan dalam meredam demonstrasi prodemokrasi selama setahun terakhir.[ald]
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA