Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harga BBM Naik, Menteri Energi Chile Lempar Handuk

Kamis, 29 Maret 2012, 08:11 WIB
Harga BBM Naik, Menteri Energi Chile Lempar Handuk
Rodrigo Alvarez
RMOL.Presiden Chile Sebastian Pinera menyetujui pengu­n­duran diri Menteri Energi Rodrigo Alvarez di tengah ge­lombang unjuk rasa yang di­warnai ke­kerasan akibat ke­naikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Menurut juru bicara pe­me­rintah, Andres Chadwick, ke­marin, Alvarez akan digantikan Wakil Menteri Energi Sergio del Campo.

Alvarez memimpin peme­rintah dalam perundingan de­ngan perwakilan Aysen Social Movement (MSPRA), yang me­nyerukan pemerintah untuk meningkatkan pasokan bahan bakar yang lebih ekonomis ke wilayah pedesaan mereka di Chile bagian tenggara.

Pertemuan itu gagal meraih kesepakatan dan hanya me­ningkatkan gelombang unjuk rasa yang diwarnai kekerasan an­tara pengunjuk rasa dan polisi.

Pengunjuk rasa di Aysen, satu dari banyak wilayah di negara itu yang terisolasi, me­mulai aksinya pada per­te­ngahan Fe­bruari. Warga me­nuntut pe­me­rintah meningkat­kan subsidi untuk bahan bakar yang digu­nakan untuk trans­portasi dan pemanasan, serta akses yang lebih besar bagi layanan dasar dan konektivitas dengan wila­yah lainnya di negara itu.

Sekitar 93.000 orang tinggal di daerah itu. Unjuk rasa dan blokir jalan raya telah berlang­sung selama beberapa pekan, yang mengakibatkan isolasi terhadap wilayah terpencil. [Harian Rakyat Merdeka]

ARTIKEL LAINNYA