Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Milos Zeman, Presiden Pertama Ceko yang Dipilih Langsung Oleh Rakyat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/shoffa-a-fajriyah-1'>SHOFFA A FAJRIYAH</a>
LAPORAN: SHOFFA A FAJRIYAH
  • Minggu, 27 Januari 2013, 12:14 WIB
Milos Zeman, Presiden Pertama Ceko yang Dipilih Langsung Oleh Rakyat
Milos Zeman/ist
rmol news logo Mantan Perdana Menteri Milos Zeman telah resmi memenangkan pemilihan presiden di Republik Ceko, pada Sabtu (26/1) waktu setempat.

Ini adalah pemilu presiden pertama yang secara langsung dilpilih oleh rakyat di Republik Ceko, setelah sebelumnya presiden Ceko dipilih memalui parlemen dan tidak dipilih langsung oleh rakyat.

Mantan perdana menteri dari sayap kiri ini berhasil memperoleh 55 persen suara mengalahkan lawannya dari kubu konservatif, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Ceko, Karel Schwarzenberg.

Sebagaimana dilansir Voanews (Minggu, 27/1), para pengamat mengatakan bahwa cara kampanye Zeman telah berhasil menarik pemilih yang berpenghasilan rendah atau kalangan menengah ke bawah di negara yang menderita akibat krisis ekonomi tersebut.

Dengan demikian, Zeman akan menggantikan Presiden Vaclav Klaus, yang masa jabatannya akan berakhir pada bulan Maret nanti.

Pemungutan suara yang berlangsung pada 25-26 Januari ini menandai pertama kalinya seorang presiden Ceko terpilih langsung dari suara rakyat sejak Cekoslovakia terpecah menjadi Slowakia dan Republik Ceko pada
tahun 1993.[ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA