Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mulai Bertugas, John Kerry Telepon Netanyahu & Abbas

Kawal Perdamaian Israel Dan Palestina

Selasa, 05 Februari 2013, 08:13 WIB
Mulai Bertugas, John Kerry Telepon Netanyahu & Abbas
John Kerry
rmol news logo .John Kerry memulai tugas baru sebagai Menteri Luar Ne­geri Amerika Serikat (AS) de­ngan menelepon Perdana Men­teri (PM) Israel Benjamin Ne­ta­nyahu dan Presiden Palestina Mahmud Abbas, Minggu (3/2).

Kerry menunjukkan ko­mit­mennya mewujudkan per­da­mai­­an antara Israel dan Pales­tina. Perundingan damai antara Israel dengan Palestina yang terhenti sejak September 2010.

Gara-garanya, Israel masih melan­jut­kan pembangunan pe­mukiman di wilayah Tepi Barat dan Yeru­salem Timur yang jelas-jelas me­mecah wi­layah Palestina. Kerry akan memulai masa ja­ba­tannya de­ngan kun­jungan ke Israel da­lam dua pekan ke depan.

Kepada PM Netanyahu, Kerry menyampaikan komitmennya dan menegaskan dukungan pemerintah AS bagi Israel. Me­nurut juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Victoria Nu­land, Kerry juga me­ngutarakan komitmennya da­lan me­wu­judkan perdamaian antara Is­rael dan Palestina. Sedangkan PM Netanyahu yang kembali terpilih untuk periode ketiga menjelaskan ki­nerjanya dalam membentuk pemerintahan Is­rael yang baru.

Kepada Presiden Abbas, Kerry mengutarakan niat AS untuk membantu Palestina. “Dia me­nyam­paikan keinginan untuk melanjutkan upaya de­ngan Kongres mengenai mem­beri dana bagi Palestina dan mem­fokuskan pada langkah-lang­­kah positif yang dila­ku­kan Is­rael dengan melepaskan pa­jak pendapatan,” jelas Nuland.

Israel telah mencairkan ta­rif dan pajak sebesar 100 juta do­lar AS yang selama ini di­kum­pulkan atas nama otoritas Pa­lestina. Dana itu dibeku­kan pe­merintah Israel, seba­gai hu­ku­man karena Palestina men­da­patkan peningkatan status se­ba­gai negara non-anggota di PBB.

Dalam telepon diplomatik Minggu (3/2) waktu AS, Kerry juga meng­hu­bungi Presiden Israel Shimon Peres. Selain itu, Kerry juga me­nelepon Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Menteri Luar Negeri (Menlu) Korea Selatan Kim Sung-hwan, Men­lu Turki Ahmet Davu­tog­lu, Menlu Kanada John Baird dan Wakil Menlu Meksiko Jose Antonio Meade Kuribrena. Selain memper­kenalkan diri, Kerry rata-rata membicarakan isu-isu regional. [Harian Rakyat Merdeka]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA