Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mabuk, Presiden Ceko Sempoyongan Di Katedral

Jumat, 17 Mei 2013, 09:20 WIB
Mabuk, Presiden Ceko Sempoyongan Di Katedral
Milos Zeman
rmol news logo Presiden Ceko Milos Zeman kembali bikin sensasi. Zeman (68) tampak sempoyongan saat berjalan di Katedral St Vitus, ibukota Praha. Ngakunya sih sakit. Padahal, konon sang presiden dalam keadaan mabuk karena terlalu banyak menenggak alkohol.

Perilaku Zeman terekam dalam video yang telah di-upload ke YouTube. Zeman tampak berjalan miring, kepalanya sedikit bergoyang seperti orang mabuk. Lalu, dia terlihat berjuang membuka mata, hingga akhirnya bersandar ke dinding.

Tampak juga Zeman tersandung hingga kardinal mengulurkan tangan untuk membantunya berdiri lurus, guna menyaksikan mahkota permata Ceko yang ditampilkan di altar, pekan lalu. Sepanjang upacara, dia melap keringat dingin yang mengucur.

Pria yang mengenakan jas hitam dan dasi merah bergaris-garis itu, bahkan harus dituntun ke kursi. Sadar akan kondisinya ini, Zeman mengaku dia sempoyongan karena terserang virus dan akan sembuh jika beristirahat beberapa hari.

“Saya baik-baik saja. Hanya terkena virus. Saya hanya butuh istirahat selama satu atau dua hari,” katanya sembari berusaha berjalan lurus.

Insiden ini mengundang perhatian masyarakat Ceko. Sejumlah pengunjung YouTube berkomentar. “Aku ingin menangis melihatnya. Dunia akan tertawa terbahak-bahak,” kata pengunjung seperti dilansir Dailymail, kemarin.

Namun, ada juga yang menganggap itu adalah hal yang biasa, sebab Zeman terkenal hobi meminum alkohol dan perokok berat. Dalam suatu kesempatan, dia memuji mendiang Winston Churchill, Perdana Menteri Inggris yang suka minum whiski dan menenggak minuman beralkohol lainnya.

Bahkan, Zeman diberitakan bisa meminum rata-rata enam gelas anggur dalam suatu kesempatan. Situasi ini mungkin tak lepas dari catatan Ceko sebagai negara dengan konsumsi minuman keras terbesar di dunia.

Alih-alih mengkritik Zeman, beberapa bar Ceko justru  terpasang slogan yang seolah membela sang Presiden,“Saya ini kena virus.”

Ketua Parlemen Miroslava Nemcova hadir di Katedral itu menyaksikan langsung tindak tanduk Presiden. Namun, dia tidak berkomentar banyak. “Saya melihat apa yang Anda lihat. Nilai saja sendiri apa yang Anda lihat itu,” komentarnya kepada surat kabar Lidove Noviny.

Ini bukanlah kali pertama Zeman tampil saat tengah mabuk di hadapan publik.

Sebelumnya terekam bagaimana bekas Perdana Menteri Ceko ini berjalan sempoyongan usai keluar dari mobil. Bahkan ia hampir jatuh meski dikawal para ajudan.
 
Dalam suatu kesempatan, Zeman pernah berkilah tentang kebiasaannya ini. “Jika ada yang melihat saya minum, beritahu saya, kapan itu terjadi,” tantangnya. [Harian Rakyat Merdeka]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA