Besok, 123 Kursi Parlemen Kamboja Diperebutkan

Sabtu, 27 Juli 2013, 15:53 WIB
Laporan: Shoffa A Fajriyah

pemilu kamboja/net

Besok (Minggu, 28/7), Rakyat Kamboja akan melangsungkan pesta demokrasi pemilihan umum parlemen yang kelima. Sekretaris Jenderal Komisi Pemilihan Nasional Kamboja (NEC) Tep Nytha mengaku pihaknya sudah melakukan persiapan yang matang.

Dalam sebuah konferensi pers, Nytha mengatakan bahwa NEC sudah menyiapkan seorang perwakilan di tiap tempat pemungutan suara (TPS). Termasuk menyiapkan pasukan keamanan untuk memastikan keamanan dan ketertiban umum.

"Kami sudah siap untuk pemilu pada hari Minggu," tegasnya sebagaimana dilansir People's Daily Online (Sabtu, 27/7).

Sekitar 9.670.000 pemilih akan memberikan suara mereka di 19.009 TPS yang tersebar di seluruh penjuru Kamboja nasional.

Sementara delapan partai politik akan bersaing dalam memperebutkan 123 kursi parlemen. Diantara ini adalah dua partai utama, Partai Rakyat Kamboja yang berkuasa dan partai oposisi Partai Penyelamatan Nasional Kamboja.

Sedang enam partai lainnya adalah Partai Funcinpec, yang dipimpin Putri Norodom Arun Rasmey, bungsu dari Almarhum Raja Norodom Sihanouk Bapa, Partai Liga untuk Demokrasi, Partai Kebangsaan Kamboja, Partai Republik Demokrat, Partai Anti-Kemiskinan Khmer, dan Partai Pembangunan Ekonomi Khmer.

Sekitar 40.142 pengamat nasional dan 291 pemantau internasional juga telah disiapkan untuk memantau jalannya pemilu. [ian]
Tag:

Kolom Komentar


Video

PA 212 Ancam Gelar Revolusi Jika Pemerintah Jadi Dalang Korupsi

Sabtu, 22 Februari 2020
Video

Gedung DPR Kebakaran

Senin, 24 Februari 2020