Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Slavko Linic, Menteri Pertama yang Dipecat

Selasa, 06 Mei 2014, 19:48 WIB
Slavko Linic, Menteri Pertama yang Dipecat
Zoran Milanovic/NET
rmol news logo Perdana Menteri Kroasia, Zoran Milanovic resmi memecat Menteri Keuangannya, Slavko Linic pada hari ini (Selasa, 6/5) atas keterlibatannya dalam kesepakatan properti yang telah merugikan anggaran negara.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Menteri Linic tidak menikmati kepercayaan diri saya lagi dan saya akan mengusulkan bahwa ia digantikan oleh wakilnya, Boris Lalovac," kata Milanovic kepada wartawan seperti dilansir Reuters.

Milanovic menyatakan, Linic secara politik bertanggung jawab atas pembelian properti Departemen Keuangan dari sebuah perusahaan yang belakangan diketahui angkanya membengkak senilai 20 juta kunas Kroasia atau 3,66 juta dolar AS dari total biaya yang telah dibayar oleh kementerian.

"Hal ini dimungkinkan tidak ada niat untuk melakukan kesalahan. Namun kesalahan yang terjadi harus diperiksa siapa yang bertanggung jawab atas kesalahan tersebut. Saya menunggu dua bulan tapi menteri tidak mengambil tindakan dan saya merasa tidak puas dengan penjelasan yang diberikan," kata Milanovic.

Para ekonom mengatakan pemecatan Slavko Linic itu tidak akan berdampak pada kebijakan fiskal.

"Saya tidak berpikir penghapusan Linic akan memiliki dampak negatif pada Kroasia ( eurobond ) apalagi dikeluarkan rencana Lalovac yang merupakan wakil Linic yang akan menggantikan posisi tersebut ," kata seorang analis di Raiffeisenbank, Zrinka Zivkovic Matijevic.

Linic menjadi menteri pertama yang dipecat sejak pemerintahan Sosial Demokrat berkuasa pada akhir 2011. Menurut media lokal setempat, hubungan antara Milanovic dan Linic telah lama tegang. Pemecatan Linic berkaitan dengan pengunduran diri kepala departemen pajak Kroasia baru-baru ini yang mengatakan bahwa Kemenkeu telah menghalangi pekerjaannya.

Hingga saat ini polisi antikorupsi Kroasia masih menyelidiki dokumen yang terkait dengan pembelian properti yang telah menggulingkan Linic tersebut.[mag1/wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA