Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Trio Ilmuwan Berhasil Menangkan Hadiah Nobel Fisika

Selasa, 07 Oktober 2014, 21:58 WIB
rmol news logo Tiga ilmuwan yaitu Isamu Akasaki dan Hiroshi Amano berasal dari Jepang dan Shuji Nakamura dari AS telah memenangkan hadiah Nobel untuk penemuan penyempurnaan Lampu LED Biru.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Akasaki (85) adalah Profesor di Universitas Meijo dan Nagoya. Amano (54) juga seorang professor di Universitas Nagoya. Sementara Nakamura (60) adalah Profesor di Universitas California, Santa Barbara.

Menurut The Royal Swedish Academy of Sciences, pada Selasa (7/10), penemuan tersebut sebenarnya sudah berumur 20 tahun tetapi mereka sudah berkontribusi dalam menciptakan cahaya putih dengan cara yang sama sekali baru untuk kepentingan manusia.

Trio ilmuwan ini telah memicu transformasi teknologi pencahayaan ketika mereka menciptakan cahaya semikonduktor pada tahun 1990-an, sesuatu yang telah diperjuangkan selama beberapa dekade.

Menggunakan Cahaya Biru, LED dapat memancarkan cahaya putih dalam cara yang baru.

“Sekitar seperempat dari konsumsi listrik dunia digunakan untuk pencahayaan dan LED telah berkontribusi dalam menghemat sumber daya energi bumi,” jelas Komite Nobel.

Hadiah Nobel akan diberikan pada tanggal 10 Desember, yaitu pada hari ulang tahun kematian Alfred Nobel pada tahun 1896. Selain diberikan hadiah uang berupa US$ 1.1juta, masing-masing dari trio ilmuwan ini juga menerima ijazah dan medali emas.

Alfred Nobel adalah seorang industrialis kaya asal Swedia yang juga penemu dinamit.

Pada tahun lalu, penghargaan Nobel Fisika jatuh pada Peter Higgs (Inggris) dan rekannya Francois Englert  (Belgia). Mereka berhasil membantu menjelaskan bagaimana segala sesuatu terbentuk setelah Big Bang. [mag/zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA