Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Dibubarkan, Militer Ambil Alih Kekuasaan!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 31 Oktober 2014, 11:53 WIB
Pemerintah Dibubarkan, Militer Ambil Alih Kekuasaan<i>!</i>
foto: bbc
rmol news logo Militer mengambil alih kontrol pemerintahan Burkina Faso pada Kamis (30/10) di tengah kerusuhan nasional yang terjadi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Bukan hanya itu, militer juga memberlakukan jam malam mulai senja hingga subuh di negara yang terletak di kawasan Afrika Barat itu.

Langkah itu diambil di tengah unjuk rasa berujung kerusuhan yang terjadi di Burkina Faso yang memprotes pemerintahan Presiden Blaise Compaore yang terjadi sejak beberapa waktu terakhir. Puncaknya terjadi pada Kamis (30/10) di mana pengunjuk rasa menyerbu parlemen dan membakar sejumlah gedung pemerintahan lainnya.

Mereka menentang keputusan Compaore yang telah menduduki kursi presiden sejak tahun 1987 itu untuk memperluas kekuasaannya.

Kepala militer Burkina Faso, Jenderal Honore Nabere Traore menyebutkan kepada wartawan di ibukota Ouagadougou bahwa pemerintahan saat ini dibubarkan. Langkah itu, sebutnya, diambil demi mengembalikan ketertiban nasional.

"Sebuah pemerintahan sementara akan dibentuk dalam rangka mempersiapkan kondisi untuk kembali ke tatanan konstitusional normal dalam jangka waktu terhitung 12 bulan," ujarnya dikutip CNN.

Namun ia tidak menegaskan siapa yang akan meimpin Burkina Faso dalam pemerintahan sementara itu.

Keberadaan Compaore sendiri belum diketahui saat ini. Ia juga belum mengeluarkan keputusan untuk menyerahkan kendali negara dalam waktu dekat ini. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA