Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sempat Tertunda Beberapa Bulan, Puing MH17 Diangkut dari Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 17 November 2014, 10:10 WIB
Sempat Tertunda Beberapa Bulan, Puing MH17 Diangkut dari Ukraina
proses pengangkutan puing pesawat malaysia airlines mh17/reuters
rmol news logo Puing-puing badan pesawat Malaysia Airline MH17 di wilayah pendudukan kelompok pemberontak di Ukraina Timur diangkut pada Minggu (16/11).

Pengangkutan itu sendiri dilakukan oleh para pekerja setempat dengan diawasi oleh tim investigasi kecelakaan yang dipimpin oleh Belanda. 

Tim investigasi mengawasi proses pengangkutan puing-puing pesawat termasuk pemotongan badan pesawat yang besar dan menggunakan mesin derek untuk mengangkutnya ke atas truk.

BBC
mengabarkan, tim investigasi sendiri sebenarnya hendak mengambil puing-puing itu sendiri. Namun akhirnya mereka sepakat untuk bekerjasama dengan pemerintahan setempat dengan alasan keamanan.

Pengangkutan puing-puing pesawat sempat tertunda selama beberapa bulan karena faktor keamanan, mengingat wilayah jatuhnya pesawat yang bertolak dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur itu merupakan wilayah konflik antara kelompok separatis dengan pemerintah Ukraina.

Tim investigasi sendiri tidak akan mengangkut seluruh puing-puing pesawat, melainkan hanya fokus pada sejumlah bagian terpenting dari pesawat seperti roda, sayap, dan tangki bahan bakar.

Puing-puing itu kemudian akan diterbangkan ke Belanda untuk diinvestigasi lebih lanjut terkait penyebab pasti jatuhnya pesawat.

Diketahui pesawat Malaysia Airlines MH17 jatuh di wilayah Ukraina Timur pada Juli lalu dan menewaskan seluruh orang yang berada di dalamnya, yakni 298 orang.

Tim investigasi yang dipimpin oleh Belanda belum memutuskan resmi penyebab pasti jatuhnya pesawat tersebut. Sejumlah spekulasi yang sebelumnya berkembang menyebut bahwa pesawat jatuh karena ditembak jatuh oleh rudal, sedangkan spekulasi lainnya menyebut bahwa ada pesawat lain yang terbang dekat dengan MH17 sebelum akhirnya pesawat jatuh. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA