Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kampanye Polisi Hongaria Cegah Pemerkosaan Dianggap Lecehkan Perempuan

Kamis, 27 November 2014, 14:59 WIB
Kampanye Polisi Hongaria Cegah Pemerkosaan Dianggap Lecehkan Perempuan
ilustrasi/net
rmol news logo Sebuah video kampanye yang bermaksud mencegah tindak pemerkosaan malah menuai kontroversi di Hongaria.

Video tersebut disebarluaskan sepekan terakhir oleh kepolisian di Baranya, sebuah kabupaten di Hongaria, sebagai bagian dari kampanye untuk meningkatkan kesadaran menentang pemerkosaan.

Beberapa kelompok pengacara di Hongaria saat ini sedang menyuarakan "kecemasan" mereka terhadap cara kepolisian daerah mengkampanyekan anti pemerkosaan. Mereka menilai bahwa kampanye video tersebut justru tendensius, menyalahkan perempuan, sama sekali tidak menggolongkan para perempuan sebagai korban potensial yang harus dilindungi.

"(Video tersebut) menakutkan dan mempermalukan si korban, dan membebaskan si pelaku dari tuduhan," ucap kelompok pengacara Hungaria dalam sebuah diskusi, dilaporkan CNN.

Video berjudul Selfie Klip tersebut menampilkan wanita-wanita berpakaian modis sedang bergaul bersama para pria muda di kelab malam. Salah satu perempuan yang baru keluar dari kelab malam didekati seorang pria bertutup kepala. Di akhir video digambarkan perempuan itu sudah terkulai lemas sendirian di pinggir jalan. Video ini juga dapat disimkan di situs youtube. Lihat :Selfie Klip

Sebuah pernyataan yang disisipkan di dalam video menyatakan, pengalaman telah menunjukkan bahwa untuk mencegah pemerkosaan sangat tergantung pada bagaimana kaum perempuan bergaul.

Namun, grup Koalisi Hak Perempuan Hongaria mengkritiknya. Mereka menegaskan bahwa misi kepolisian adalah untuk menjaga dan melayani publik, bukan menyalahkan korban, atau korban potensial, atau untuk menilai tanggungjawab mereka. [mhs4/ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA