Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setahun lebih Konflik di Afrika Tengah, 436 Masjid Hancur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 18 Maret 2015, 14:47 WIB
Setahun lebih Konflik di Afrika Tengah, 436 Masjid Hancur
ilustrasi/net
rmol news logo Hampir 436 masjid di wilayah Republik Afrika Tengah (CAR) telah dihancurkan selama periode konflik sekretarian sejak sekitar satu tahun terakhir.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut keterangan utusan Amerika Serikat untuk PBB Samantha Power pada Selasa (17/3), sebanyak 417 masjid di CAR telah hancur sejak konflik mulai terjadi pada tahun lalu. Sementara puluhan masjid lainnya hancur pada tahun ini.

Hal itu disampaikan Power setelah ia melakukan kunjungan ke wilayah tersebut pekan lalu. Dalam kunjungan sekaligus inspeksi itu, Power menemukan bahwa hal yang tersisa dari wilayah itu hanyalah penduduk yang ketakutan.

Power sendiri menyatakan keprihatiannnya tentang absennya keamanan, mengingat sekitar 750 tentara dari Uni Eropa akan meninggalkan negara tersebut akhir pekan ini.

Sementara itu, seperti dimuat Press TV, pasukan penjaga perdamaian PBB dinilai belum mengerahkan kekuatan penuh di CAR. PBB baru mengerahkan sekitar 80 persen dari sekitar 10 ribu pasukan penjaga perdamaian yang direncanakan.

Wilayah tersebut diketahui dilanda konflik sekretarian sejak Desember tahun 2013 lalu di mana kelompok bersenjata Kristiani meluncurkan serangan terkoordinat kepada kelompok Muslim Seleka yang menggulingkan pemerintahan pada bulan Maret tahun lalu. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA