Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Sistem Rudal yang Bisa Tembak Jatuh MH17

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 03 Juni 2015, 12:09 WIB
Ini Sistem Rudal yang Bisa Tembak Jatuh MH17
puing pesawat malaysia airline mh17/net
rmol news logo Produsen sisem rudal atau peluru kendali (BUK) asal Rusia, Almaz-Antey melakukan investigasi tersediri terkait jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di wilayah Ukraina pada Juli tahun lalu.

Investigasi tersebut dilakukan berdasarkan barang bukti yang berhasil dikumpulkan oleh tim peneliti dari Belanda.

"Untuk menentukan jenis rudal yang diduga jatuh Boeing-777, insinyur perusahaan telah melakukan analisis mendalam tentang kerusakan pada kulit pesawat dan struktur dasar, serta unsur-unsur yang merusak yang telah disediakan oleh Komisi Internasional," kata keterangan dari Almaz-Antey seperti dimuat Russia Today (Rabu, 3/6).

Setelah melakukan analisis sifat kerusakan puing-puing pesawat, Almaz-Antey menyimpulkan bahwa bila MH17 ditembak rudal, maka pesawat jenis Boeing-777 itu hanya bisa jatuh karena salah satu dari jalur sistem pertahanan rudal BUK tua yakni BUK-M1.

Sistem rudal tersebut secara luas digunakan oleh sejumlah negara pecahan Uni Soviet, termasuk Ukraina dan Rusia. Namun di Rusia sendiri, sistem rudal tersebut telah diganti dengan versi yang lebih baru.

"Bila sistem rudal permukaan udara digunakan (untuk menjatuhkan pesawat), maka yang bisa digunakan hanyalah rudal 9M38M1 dari sistem BUK-M1," sambungnya.

Secara teori, pakar-pakar dari Almaz-Antey mengesampingkan kemungkinan bahwa MH17 ditembak jatuh dengan sistem rudal lainnya. Namun Almaz-Antey menekankan bahwa kesimpulan akhir hanya bisa diambil setelah semua tes forensik yang diperlukan telah dilakukan oleh komisi investigasi resmi. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA