Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usulkan Buat Detektif Penyakit Global, Inggris Siap Memimpin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 07 Juni 2015, 18:40 WIB
Usulkan Buat Detektif Penyakit Global, Inggris Siap Memimpin
david cameron/net
rmol news logo Pemimpin negara-negara industri dunia yang tergabung dalam G7 akan membuat tim global baru yang disebut sebagai "detektif penyakit". Tim tersebut akan menangani pandemi khusus seperti krisis Ebola yang terjadi beberapa waktu lalu.

Perdana Menteri Inggris Davic Cameron di hadapan KTT G7 yang digelar di Jerman hari ini (Minggu, 7/6) menyebut bahwa Inggris akan memimpin jalan dalam memerangi penyakit global. Inggris siap dengan skuad siaga permanen untuk terbang ke mana saja di dunia dalam waktu 48 jam.

Cameron menyebut bahwa pihaknya akan menghabiskan sekitar 20 juta poudsterling untuk bekerjasama dengan akademisi dan perusahaan obat untuk menangani Ebola dan penyakit serupa seperti Lassa dan demam Krimea-Kongo.

Seperti dimuat Daily Mail, Cameron memperingatkan bahwa pandemik berikutnya bisa lebih dahsyat daripada Ebola. Psalnya, virus Ebola yang telah merenggut lebih dari 11 ribu jiwa di Afrika Barat itu hanya bisa menular melalui kontak fisik. Ia memperingatkan bahwa pandemi yang bisa menular lewat udara akan jauh lebih sulit ditangani.

"Ini adalah waktu untuk bangun dari ancaman itu dan saya akan mengangkat isu ini pada pertemuan G7," sebutnya.

Ia menekankan bahwa dunia saat ini harus bisa lebih siap dengan penelitian dan pengembangan obat yang lebih komprehensif untuk melawan ancaman penyakit.

'Inggris akan memimpin jalan tetapi kita perlu respon yang benar-benar global untuk menghadapi ancaman ini," tandasnya. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA