Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

G7 Sepakat Sanksi Rusia Lagi Bila Tetap Intervensi Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 09 Juni 2015, 09:58 WIB
G7 Sepakat Sanksi Rusia Lagi Bila Tetap Intervensi Ukraina
pemimpin negara g7/net
rmol news logo Tujuh pemimpin negara industri dunia yang tergabung dalam G7 memperingatkan akan menerapkan sanksi yang lebih kepada Rusia bila terus melakukan langkah agresi di Ukraina.

"Kami siap untuk mengambil tindakan lebih lanjut membatasi untuk meningkatkan sanksi pada Rusia," kata para pemimpin G7 dalam komunike bersama di Pegunungan Alpen Bavarian Jerman pada Senin (8/6).

Mereka pun menyerukan agar durasi sanksi yang diterapkan ke Rusia jelas dan terimplementasi lengkap demi menghormati kedaulatan Ukraina.

Langkah itu diambil menyusul Ukraina menuding bahwa pemberontak pro-RUsia telah mengerahkan sekitar 40 ribu orang di perbatasan Ukraina.

Dalam komunike tersebut juga disebut bahwa sanksi bisa tidak diterapkan bila Rusia menjalankan komitmen.

"Pada akhirnya ini akan menjadi masalah bagi Putin. Dia harus membuat keputusan," kata Obama.

"Apakah dia terus merusak perekonomian negaranya dan melanjutkan isolasi Rusia dalam mengejar keinginan yang salah untuk menciptakan kembali kejayaan Soviet atau apakah ia mengakui bahwa kebesaran Rusia tidak tergantung pada pelanggaran (wilayah lain)," sambung Obama seperti dimuat AFP.

Rusia sendiri diketahui telah dikeluarkan dari kelompok tersebut yang sebelumnya dikenal dengan sebutan G8. Rusia dikeluarkan menyusul aneksasi Krimea pada tahun lalu. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA