Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Serbia Kaget Hungaria Mau Bangun Tembok Pembatas Demi Halau Migran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 18 Juni 2015, 13:17 WIB
Serbia Kaget Hungaria Mau Bangun Tembok Pembatas Demi Halau Migran
ilustrasi/net
rmol news logo Perdana Menteri Serbia Aleksandar Vucic mengaku terkejut dengan rencana Hungaria untuk mendirikan dinding tinggi yang berfungsi sebagai pagar pembatas demi mencegah arus migran.

"Saya terkejut dan kaget. Kita akan mendiskusikan keputusan ini dengan rekan Hungaria," kata Vucic dalam kunjungannya ke Oslo seperti dimuat BBC (Kamis, 18/6).

Hungaria sendiri mengumumkan rencana pembangunan dinding pembatas setinggi empat meter pada Rabu (17/6). Dinding tersebut akan dibangun sepanjang perbatasan kedua negara yakni 175 kilometer.

"Membangun dinding bukanlah solusi. Serbia tidak bisa bertanggungjawab atas situasi yang dibuat oleh migran, kita hanyalah negara transit," sambungnya sambil menambahkan pihaknya akan membahas hal tersebut di Uni Eropa.

Perlu diketahui, ada peningkatan tajam jumlah migran dan pencari suaka yang memasuki wilayah Hungaria pada tahun 2015 ini.

Pemerintah setempat mencatat ada sekitar 54 ribu migran yang memasuki hungaria sepanjang tahun ini. Jumlah tersebut meningkat bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni 43 ribu orang.

Menteri Luar Negeri Hungaria Peter Szijjarto menyebut, keputusan pemerintah itu diambil karena Hungaria tidak bisa menunggu lebih lama lagi untuk Uni Eropa mengambil langkah demi menekan banjir migrasi di negara tersebut. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA