Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belanda Seriusi Klaim Tentara Rusia Di Balik Tragedi MH17

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 04 Januari 2016, 16:57 WIB
Belanda Seriusi Klaim Tentara Rusia Di Balik Tragedi MH17
malaysia airlines/net
rmol news logo Kejaksaan Belanda akan mempelajari secara serius klaim dari jurnalis warga yang mengidentifikasi tentara Rusia yang terlibat dalam tragedi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di Ukraina pada Juni 2014 lalu.

Klaim tersebut dibuat oleh kelompok warga yang berbasis di Inggris. Mereka menamai diri jurnalis warga investigatif yang disebut dengan Bellingcat. Mereka mengkhususkan diri dalam pengkajian melalui data pada media sosial dan sumber terbuka lainnya.

"Kami menerima laporan tersebut setelah Natal," kata juru bicara kantor kejaksaan Belanda  Wim de Bruin pada Minggu (3/1).

"Kami serius akan mempelajarinya dan menentukan apakah dapat digunakan untuk penyelidikan kriminal," sambungnya seperti dimuat The Guardian.

Pesawat nahas Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH17 diketahui ditembak jatuh saat melintas di wilayah udara Ukraina dalam perjalanannya dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur.

Akibatnya tak satupun dari 298 orang dalam penerbangan ditemukan selamat.

Pesawat tersebut ditembak oleh rudal udara dan diduga dilakukan oleh kelompok separatis yang berada di wilayah konflik tersebut.

Belanda sendiri merupakan negara yang memimpin penyelidikan kasus tersebut karena sebagian besar korban merupakan warga negara Belanda. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA