Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Finlandia Dan Estonia Bangun Terowongan Kereta Bawah Laut

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 07 Januari 2016, 10:59 WIB
Finlandia Dan Estonia Bangun Terowongan Kereta Bawah Laut
rancangan kereta bawah laut/net
Finlandia dan Estonia sepakat untuk membangun rel kereta di terowongan bawah laut untuk menghubungkan ibukota kedua negara.

Terowongan bawah laut itu diperkirakan akan menelan biaya hingga 13 miliar euro. Terowongan tersebut akan menghubungkan kota Helsinki dan Tallinn yang dipisahkan oleh Laut Baltik.

Saat ini bila hendak bepergian di antara dua kota tersebut dipelukan waktu antara 90 menit hingga dua jam dengan feri cepat. Namun bila terowongan selesai dibangun, perjalanan antar kedua kota bisa lebih dipangkas menjadi 30 menit.

Pembangunan terowongan bawah laut itu dinilai penting karena ada puluhan ribu warga Estonia yang bolak-balik ke Helsinki untuk bekerja. Selain itu banyak juga turis asal Finlandia yang mengunjungi Tallinn.

"Helsinki dan Tallinn bersama-sama membentuk suatu daerah ekonomi bagi sekitar 1,5 juta orang untuk memanfaatkan sepenuhnya daerah potensi sehingga transportasi antara kota harus lebih cepat dan mengalir lebih mudah daripada saat," kata keterangan dari pejabat Helsinki seperti dimuat BBC (Kamis, 7/1).

Proyek tersebut merupakan bagian dalam perjanjian yang lebih luas yang ditandatangani oleh kedua negara pada 5 Januari lalu untuk meningkatkan koneksi transportasi. [mel]
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA