Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Janda Miliarder Sumbang Lahan Pribadi Ke Chile

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 24 Januari 2016, 16:50 WIB
Janda Miliarder Sumbang Lahan Pribadi Ke Chile
kristine kanan) bertemu presiden chile/net
rmol news logo Janda miliarder Amerika Serikat Kristine McDivitt Tompkins menawarkan sumbangan 400.000 hektar lahan di wilayah Patagonia Chili untuk dibuat menjadi taman nasional.

Kristine adalah janda dari Douglas Tompkins, salah satu pendiri dari merk pakaian outdoor ternama The North Face yang meninggal dunia pada Desember lalu.

Akhir pekan ini, Kristine bertemu dengan Presiden Chili Michelle Bachelet untuk membahas sumbangan tersebut.

Setelah bertemu dengan Presiden Bachelet, Kristine mengatakan bahwa sumbangan tahap terakhir dari tanah tersebut ke Chili sedang dibuat dengan syarat bahwa sumbangan tersebut akan digunakan untuk memuat taman nasional di mana setiap orang bebas biaya untuk mengunjunginya.

"Kami ingin orang-orang dari seluruh dunia untuk dapat mengunjungi tempat-tempat ini. Dengan sumbangan dari taman ini, Chili akan ditawarkan dapat warisan bersejarah untuk dunia," tegas Kristine.

Ini bukan kali pertama Kristine menyumbangkan lahan ke negara. Sebelumnya pada tahun 2005, ia dan sang suami menyumbangkan lahan untuk Chile seluas 294 hektar di dekat gunung berapi Corcovado agar dijadikan taman nasional terbesar keenam di Chile yakni Corcovado National Park.

Bulan lalu, Kristine juga bertemu Presiden Argentina Mauricio Macri untuk menyumbangkan 150.000 hektar lahan basah terancam dekat perbatasan dengan Brasil, dengan tujuan untuk menciptakan taman nasional.

Sang suami, Douglas Tompkins diketahui sempat menimbulkan kontroversi di tahun 1990an karena membeli tanah di Chili dan Argentina. Tompkins sendiri diketahui meninggal akibat kecelakaan saat bermain kayaking. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA