Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Swedia Siapkan Pesawat Cartean Untuk Usir 80.000 Pengungsi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 28 Januari 2016, 11:45 WIB
Swedia Siapkan Pesawat Cartean Untuk Usir 80.000 Pengungsi
pengungsi di swedia/net
rmol news logo Swedia berencana mengusir hingga 80.000 pencari suaka yang tiba pada tahun 2015. Mereka diusir karena aplikasi suaka mereka ditolak.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Kita berbicara soal 60.000 orang, tapi jumlahnya bisa naik menjadi 80.000," kata Menteri Dalam Negeri Swedia Anders Ygeman pada Rabu (27/1).

Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah meminta polisi dan otoritas terkait untuk bertanggungjawab mengatur pengusiran ribuan migran tersebut.

Ygeman pun menambahkan bahwa pengusiran biasanya menggunakan pesawat komersil. Namun mengingat jumlah yang banyak, pihaknya berencana untuk menggunakan pesawat carteran khusus dalam pengusiran kali ini.

PBB mengatakan bahwa sejak awal tahun ini, ada lebih dari 46 ribu orang pengungsi yang tiba di Eropa melalui pantai Yunani. Mereka melarikan diri dari konflik di Suriah, Irak dan Afghanistan.

Sementara itu Swedia sendiri menjadi rumah bagi 9,8 juta orang pengungsi sepanjang tahun lalu. Dari jumlah tersebut, hanya 160 ribu yang aplikasi suakanya diterima pada tahun lalu. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA