Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Norwegia Pertimbangkan Hadiah "Gunung" Untuk Finlandia

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 29 Juli 2016, 14:28 WIB
Norwegia Pertimbangkan Hadiah
puncak halti di norwegia/net
RMOL. Pemerintah Norwegia tengah mempertimbangkan untuk memberikan hadiah berupa gunung ke Finlandia pada perayaan seratus tahun kemerdekaan negara tetangga itu tahun depan.

Maksud dari pemberian gunung itu adalah dengan cara menggeser perbatasan Norwegia dan Finlandia.

Untuk diketahui bahwa puncak tertinggi di Finlandia saat ini terletak di titik yang disebut dengan Hálditšohkka, bagian dari pegunungan yang dikenal dengan nama Halti. Titik itu juga sekaligus merupakan perbatasan antara Finlandia dan Norwegia. Puncak tertinggi itu diketahui setinggi 1.331 meter di atas permukaan laut.

Namun demikian, puncak tertinggi Halti sendiri berada di bagian Norwegia. Puncak tertinggi Halti di Norwegia dikenal dengan nama Ráisduattarháldi dan setinggi 1.365 meter di atas permukaan laut. Titik tertinggi ini hanya berjarak sekitar satu kilometer dari wilayah Finlandia.

Karena itulah, pemerintah Norwegia memiliki keinginan untuk menggeser seikit wilayah perbatasan Norwegia dan Finlandia di Halti itu agar puncak tertinggi Halti menjadi bagian dari wilayah Finlandia. Pergerseran itu dilakukan sebagai bentuk hadiah perayaan 100 tahun kemerdekaan Finlandia tahun depan.

"Ada beberapa kesulitan formal dan saya belum membuat keputusan akhir saya," kata perdana menteri Norwegia, Erna Solberg seperti dimuat the Guardian. [mel]
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA