Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPA-ITB Bawa Angklung Menggema Di Oslo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 23 Agustus 2016, 12:30 WIB
KPA-ITB Bawa Angklung Menggema Di Oslo
Anak Norwegia ikut bermain angklung/KBRI Oslo
rmol news logo Suara merdu dari alat musik khas Jawa Barat, angklung menggema di Museum Seni Anak Internasional di Oslo Norwegia akhir pekan kemarin.

Penampilan permainan angklung itu digelar oleh KBRI Oslo bekerja sama dengan Keluarga Paduan Angklung Institut Teknologi Bandung (KPA-ITB).

Pada kesempatan tersebut, KPA-ITB mempersembahkan tiga buah lagu, yaitu: Yamko Rambe Yamko, Bamboo dance song dan lagu anak Norwegia Bæ Bæ Lille Lam.

Pertunjukkan dan workshop angklung Indonesia tersebut mendapatkan sambutan yang hangat dari para pengunjung museum yang hadir.

Direktur Museum, Angela Goldin, menyampaikan apresiasinya yang besar kepada KBRI Oslo atas kerja sama untuk menampilkan pertunjukan orkestra angklung yang dibawakan oleh personil yang langsung datang jauh dari Indonesia. Angela mengharapkan bahwa kerja sama antara KBRI Oslo dan Museum anak tersebut dapat terus ditingkatkan ke depannya.
 
Duta Besar RI untuk Kerjaan Norwegia, Yuwono A. Putranto, yang turut menghadiri acara tersebut menyampaikan bahwa kerja sama dengan museum ini merupakan salah satu bentuk komitmen KBRI Oslo untuk meningkatkan diplomasi budaya di Norwegia.
 
"Kita memilih museum anak sebagai lokasi untuk mengadakan pertunjukan dan workshop ini, karena kita menyadari sepenuhnya bahwa anak-anak sedari dini perlu diperkenalkan kepada keanekaragaman budaya di dunia. Diharapkan pertunjukan dan workshop mengenai Angklung dari Indonesia ini akan memberikan ingatan indah tentang Indonesia yang membekas di ingatan mereka dan juga orang tuanya, sehingga akan timbul ketertarikan untuk mengenal Indonesia lebih dalam lagi," tutur Dubes Yuwono.
 
Diketahui bahwa KPA-ITB adalah sebuah unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang didirikan pada tanggal 17 Maret 1972  dan bergerak di bidang seni dan budaya, dengan tujuan untuk melestarikan warisan budaya bangsa yang dituangkan melalui ide dan inovasi kreatif di bidang musik angklung. Selama berada di Oslo, tim KPA-ITB juga turut memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI, tanggal 17 Agustus 2016 di Oslo. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA