Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Finlandia Peringatkan Penggunaan Alat Komunikasi Di Luar Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 05 September 2016, 14:45 WIB
Finlandia Peringatkan Penggunaan Alat Komunikasi Di Luar Negeri
Ilustrasi/Net
rmol news logo Warga Finlandia yang berencana ke luar negeri, baik untuk bekerja ataupun liburan, disarankan untuk meninggalkan ponsel dan laptop mereka di rumah untuk alasan keamanan.

Badan keamanan Finlandia, Supo mengingatkan ada kesenjangan dalam keamanan jaringan asing. Karena itu Supo mengingatkan bahwa ide terbaik adalah tidak melakukan perjalanan dengan gadget sama sekali.

Namun bila warga Finladnia memutuskan untuk bepergian ke luar negeri dengan perangkat komunikasi, maka mereka harus berhati-hati.

Juru bicara Tuomas Portaankorva mengatakan bahwa warga Finlandia jangan berbicara di telepon tentang rahasia luar negeri karena jaringan mungkin tidak aman.

Selain itu juga ada risiko malware, dan kemungkinan bahwa layanan keamanan asing dapat mengakses data ponsel dan kartu SIM orang ketika menggunakan jaringan luar negeri.

Saran tersebut datang setelah Finlandia Institute of International Affairs menerbitkan sebuah laporan yang mengatakan bahwa Rusia telah menjadi ancaman yang lebih besar ke Finlandia, khususnya mengenai kebijakan energi. Tapi ada juga perdebatan tentang pengawasan domestik komunikasi elektronik di Finlandia. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA