Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wonderful Indonesia Dipromosikan di Qatar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 27 September 2016, 02:11 WIB
<i>Wonderful</i> Indonesia Dipromosikan di Qatar
Foto: Dokumentasi
RMOL. Komunitas Diaspora Indonesia dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Doha menggelar Wonderful Indonesia (WI), Minggu waktu setempat (26/9) di kawasan ikon kota Doha, Al Jazi Gardens Clubhouse in West Bay.

Acara promosi meliputi pentas seni budaya dan kuliner yang merupakan rangkaian peringatan 40 Tahun hubungan diplomatik RI-Qatar. Promosi dilakukan ketika Indonesia terpilih sebagai tuan rumah International Ladies' Potluck Group (ILPG) dan merupakan promosi WI ketiga pada tahun 2016.  

ILPG merupakan organisasi internasional yang memberikan kesempatan bagi para  perwakilan asing, ekspatriat wanita, dan warga Qatar untuk berinteraksi dan mempromosikan seni budaya dan kulinernya. ILPG, yang beranggotakan 422 orang dari 70 negara ini, memiliki pengaruh pada pemerintah dan merupakan pelopor bagi para ekspatriat wanita di Qatar.

Dalam sambutannya, Ketua DWP, Andi Una, menyampaikan apresiasi kepada pengurus ILPG yang memberikan kesempatan untuk dapat melakukan promosi dan juga komunitas diapora Indonesia atas kontribusinya dalam diplomasi budaya. Promosi dilaksanakan secara simultan penayangan 7884 slot iklan Wonderdul Indonesia pada stasiun TV Aljazeera untuk menarik wisman di kawasan Timur Tengah.

"Acara Wonderful Indonesia diharapkan akan menambah minat ekspatriat asing dan warga Qatar berkunjung ke Indonesia," terang Una.

Promosi dimulai dengan pemaparan mengenai budaya dan wisata Indonesia oleh Duti Caroline dan dilanjutkan pentas seni budaya dengan menampilkan tarian Panjali dari Bali dan Rampak Pemudi dari Sumatera Barat. Irama riang dan menghentak membuat penoton dari manca negara terkesan dan puas. Penampilan tari dilakukan penari dari Kelompok Sanggar Tari, Puspa Kinarya dipimpin Sinta Gunawan. Sanggar ini kerap memenangi berbagai Festival seni dan budaya internasional di Qatar. Acara dilanjutkan dengan peragaan busana.

Warga AS keturunan Indonesia, Tourhana Seth, yang menetap lama di Qatar mengatakan festival Wonderful Indonesia sangat membanggakan.

"Saya merasa begitu bangga menyaksikan atraksi meriah dari para penari Indonesia," ujar Turhana yang mendidik anaknya untuk tetap bangga dengan Indonesia.

Seusai pentas seni, acara dilanjutkan dengan promosi kuliner yang diawali pemotongan nasi tumpeng. Andi Una menyampaikan suka citanya kepada penonton yang begitu antusias mengikuti acara Wonderful Indonesia. Para undangan mengagumi kebhinekaan Indonesia yang mencakup aneka pulau, suku dan bahasa yang tercermin dari sajian kuliner yang beragam  dari satu daerah ke daerah lainnya.

Menurut pengurus Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa), Dian Sudanika, Wonderful Indonesia menyajikan aneka sajian kuliner Nusantara. Berbagai kudapan yang disajikan seperti bakso daging, sate ayam gado gado, nasi goreng minang, tumpeng, Kerupuk Palembang, dan Kerupuk udang stick. 

"Para tamu terlihat begitu menikmati lezatnya beragam kuliner Indonesia," ungkap koordinator konsumsi pada acara ILPG. Acara juga mempromosikan aneka minuman tradisional seperti es cincau, es teler, puding, bubur sumsum.

Sebagai penutup, tamu asing disuguhi kue tradisional  telah dihias secara cantik dan menarik sehinggga menggugah selera. Aneka kue yang disajikan berikut dengan penjelasan asal daerahnya seperti  onde-onde, kue lapis, lemper, pastel, serabi, bakwan dan Lapis legit tikar.

"Foods are really Delicious," cetus Shriani Burley, Co-President ILPG ketika mencicipi beragam makanan tradisional. "Wonderful, performance yang luar biasa," ujar istri Dubes Swiss untuk Qatar, Ambar Thévoz, yang juga merupakan wanita keturunan Indonesia, ketika ditanya pendapatnya mengenai pentas seni dan kuliner tersebut.

Menurut Dubes RI untuk Qatar, Muhamad Basri Sidehabi, promosi yang beragam tersebut pada akhirnya bertujuan untuk menarik wisatawan Qatar dan ekpatriat asing berkunjung ke Indonesia. Ekspatriat asing di Qatar umumnya hanya mengenal Bali saja. Jadi kita ingin tunjukan bahwa banyak destinasi wisata lainnya yang menarik di Indonesia,” terang mantan anggota DPR ini.

Menurut pejabat KBRI, Boy Dharmawan, tahun 2016 adalah tahun promosi Wonderful Indonesia di Qatar. Promosi ini adalah yang ketiga yang memaksimalkan momentum 40 Tahun Hubungan RI-Qatar.

"Qatar Airways  juga menambah frekuensi penerbangan dari Doha ke kota-kota di Indonesia yaitu ke Jakarta menjadi 28 kali per minggu, Denpasar (21), Surabaya dan Medan (7 kali)," ujar Boy. Acara promosi ini memperoleh liputan dari  media Qatar, seperti Gulf Times, Gulf Tribune dan The Peninsula. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA