Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Investigator: Ini Penyebab Jatuhnya MH17

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 28 September 2016, 19:03 WIB
Investigator: Ini Penyebab Jatuhnya MH17
Malaysia Airlines/Net
rmol news logo Investigator internasional yang menangani kasus jatuhnya pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH17 di kawasan Ukraina pada tahun 2014 lalu menyebut penyebab jatuhnya pesawat adalah misil. Misil tersebut ditembakkan dari wilayah yang diduduki oleh pemberontak yang didukung Rusia.

Menurut keterangan Tim Investigasi Gabungan (JIT) pimpinan Belanda, misil tersebut dibawa dari Ukraina dari Rusia. Tim itu sendiri terdiri dari investigator sejumlah negara yakni Australia, Belgia, Malaysia dan Ukraina.

Akibat jatuhnya MH17, seluruh orang dalam penerbangan yang total berjumlah 298 orang tersebut tewas. Puing pesawat jenis Boeing 777 itu pun hancur berkeping-keping karena rusak saat masih berada di udara.

Sebuah penyelidikan oleh Dewan Keamanan Belanda tahun lalu menemukan bahwa Buk rudal buatan Rusia menghantam pesawat. Kemudian temuan investigasi JIT, ditemukan rekaman panggilan telepon hasil sadapan yang mengatakan bahwa saksi melihat peluncur rudal bergerak dari Rusia ke Ukraina. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA