Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dinilai Rasis, Patung Mahatma Gandhi Segera Dipindahkan Dari Kampus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 07 Oktober 2016, 16:57 WIB
Dinilai Rasis, Patung Mahatma Gandhi Segera Dipindahkan Dari Kampus
Patung Mahatma Gandhi/The Guardian
rmol news logo Sebuah patung yang menggambarkan sosok pemimpin kemerdekaan India Mahatma Gandhi akan disingkirkan dari lingkungan kampus Universitas Ghana.

Langkah tersebut diambil setelah sejumlah profesor meluncurkan petisi yang menyebut bahwa Gandhi merupakan pemikir yang rasis.

Untuk diketahui bahwa patung Gandhi diresmikan pada bulan Juni lalu di Universitas Ghana oleh presiden India. Patung tersebut merupakan simbol hubungan dekat antara India dan Ghana.

Namun pada September kemarin, sekelompok profesor memulai petisi yang menyerukan penghapusan patung karena menilai bahwa Gandhi merupakan sosok yang rasis.

Mereka menyebut bahwa pihak universitas harusnya menempatkan pahlawan Afrika di lingkungan kampus.

Dalam petisi tersebut dikatakan bahwa lebih baik untuk membela martabat kita daripada untuk bersujud kepada keinginan dari kekuatan super Eurasia. Mereka menyebut sejumlah kalimat yang pernah dilontarkan oleh Ghandi dan dianggap rasis, seperti: "India jauh lebih unggul daripada orang kulit hitam Afrika".

Lebih dari 1.000 orang menandatangani petisi tersebut.

Kementerian luar negeri Ghana mengatakan telah mengikuti kontroversi dengan "keprihatinan yang mendalam" dan segera memindahkan patung.

"Karena itu pemerintah ingin merelokasi patung dari University of Ghana untuk memastikan keamanan dan untuk menghindari kontroversi." Katanya. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA