Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Norwegia Batal Beri Hadiah Gunung Ke Finlandia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 16 Oktober 2016, 18:43 WIB
Norwegia Batal Beri Hadiah Gunung Ke Finlandia
Peta Halti antara Norwegia dan Finlandia/BBC
rmol news logo Norwegia menolak rencana untuk memberikan 'gunung' kepada Finlandia.

Untuk diketahui bahwa sebelumnya pemerintah Norwegia tengah mempertimbangkan untuk memberikan hadiah berupa gunung ke Finlandia pada perayaan seratus tahun kemerdekaan negara tetangga itu tahun depan.

Maksud dari pemberian gunung itu adalah dengan cara menggeser perbatasan Norwegia dan Finlandia.

Untuk diketahui bahwa puncak tertinggi di Finlandia saat ini terletak di titik yang disebut dengan Hálditšohkka, bagian dari pegunungan yang dikenal dengan nama Halti. Titik itu juga sekaligus merupakan perbatasan antara Finlandia dan Norwegia. Puncak tertinggi itu diketahui setinggi 1.331 meter di atas permukaan laut.

Namun demikian, puncak tertinggi Halti sendiri berada di bagian Norwegia. Puncak tertinggi Halti di Norwegia dikenal dengan nama Ráisduattarháldi dan setinggi 1.365 meter di atas permukaan laut. Titik tertinggi ini hanya berjarak sekitar satu kilometer dari wilayah Finlandia.

Karena itulah, pemerintah Norwegia memiliki keinginan untuk menggeser sedikit wilayah perbatasan Norwegia dan Finlandia di Halti itu agar puncak tertinggi Halti menjadi bagian dari wilayah Finlandia. Pergerseran itu dilakukan sebagai bentuk hadiah perayaan 100 tahun kemerdekaan Finlandia tahun depan.

Namun Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg mengatakan bahwa sayangnya ia harus menolak ide itu karena konstitusi negara melarang setiap pengorbanan wilayah Norwegia.

"Penyesuaian Perbatasan antar negara menimbulkan masalah hukum yang menantang, di antaranya terkait dengan konstitusi Norwegia," kata Solberg.

Dalam konstitusi Norwegia tahun 1814 disebutkan bahwa wilayah negara bukan area seukuran lapangan sepakbola yang dapat memisahkan diri.

"Kami akan mempertimbangkan hadiah yang cocok lain ke Finlandia pada ulang tahun nya," tambahnya. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA