Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pahlawan Holocaust Ini Secara Resmi Dinyatakan Meninggal Dunia

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 01 November 2016, 14:19 WIB
Pahlawan Holocaust Ini Secara Resmi Dinyatakan Meninggal Dunia
Wallenberg/BBC
Diplomat Swedia Raoul Wallenberg secara resmi dinyatakan telah meninggal dunia oleh Badan Pajak Swedia baru-baru ini.

Wallensberg merupakan diplomat yang membantu ribuan orang Yahudi Hungaria untuk melarikan diri dari pembunuhan massal Nazi pada Perang Dunia II.

Upaya penyelamatan Wallenberg mulai pada Juli 1944, setelah kedatangannya sebagai diplomat di Budapest. Nazi telah mendeportasi hampir 440.000 orang Yahudi dari Hongaria, sebagian besar dari mereka ke kamp Auschwitz, di mana banyak yang dibunuh pada saat kedatangan.

Ia kemudian ditangkap oleh pasukan Soviet di Hungaria pada tahun 1945 dan kemudian menghilang. Ia diperkirakan meninggal dunia di dalam penjara Soviet, namun nasibnya tetap menjadi misteri.

Diketahui bahwa ribuan orang Yahudi dideportasi ke kamp konsentrasi Nazi Auschwitz setelah kedapatan melarikan diri melalui perlindungan Swedia dengan bantuan Wallenberg.

Kisahnya menjadi legenda setelah tahun 1945. Ia dianggap sebagai pahlawan Holocaust.

Pihak Soviet mengatakan bahwa Wallenberg harus meninggal di penjara Moscow pada tahun 1947. Namun keluarganya skeptis tentang versi kejadian tersebut dan menghabiskan puluhan tahun mencoba untuk membangun apa yang sebenarnya terjadi padanya.

Kemudian pada November tahun lalu, ihak keluarga Wallenberg meminta Badan Pajak Swedia untuk secara resmi menyatakan kematiannya. Permintaan itu dilakukan melalui Bank Swedia SEB yang bertindak sebagai wali amanat.

"Dia dianggap telah meninggal 31 Juli 1952," kata kantor pajak seperti dimuat BBC (Selasa, 1/11).

Pia Gustafsson dari lembaga pajak mengatakan bahwa tanggal itu dipilih karena bertepatan dengan lima tahun setelah Wallenberg dinyatakan hilang, yakni diyakini akhir Juli 1947.

Hal itu sejalan dengan prosedur hukum yang digunakan Swedia dalam kasus-kasus di mana keadaan kematian tidak jelas. Kemudian pihak keluarga meminta agar meninggalnya Wallenberg itu dinyatakan secara resmi agar ia bisa beristirahat dengan damai. [mel]

ARTIKEL LAINNYA