Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ceko Siapkan Unit Baru Tangkal Berita Palsu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 28 Desember 2016, 18:33 WIB
Ceko Siapkan Unit Baru Tangkal Berita Palsu
Ceko/The Guardian
rmol news logo Pemerintah Republik Ceko mempersiapkan unit anti berita palsu sebagai bagian dari upaya mengatasi kebohongan, terutama tentang migran.

Unit baru bentukan pemerintah itu dibuat dengan tujuan untuk menangkal gangguan dalam pemilihan umum yang akan digelar Oktober mendatang di Republik Ceko.

Pemerintah Ceko menilai bahwa berita palsu memunculkan buktu polling yang mengandung data fiktif yang bisa mempengaruhi opini publik dan mengancam untuk mengacaukan sistem demokrasi negara ituyang didirikan setelah jatuhnya komunisme pada tahun 1989.

Pemeintah Ceko menudng bahwa Rusia berada di balik sejumlah berita palsu yang beredar. Kendati sulit dibuktikan, namun para pejabat Ceko yakin Kremlin berada di belakang sekitar 40 situs berbahasa Ceko yang menyajikan pandangan radikal, teori konspirasi dan laporan tidak akurat. Para pejabat percaya tujuannya adalah untuk mengubah status Republik Ceko saat ini sebagai negara blok-barat.

"Tujuan utama dari propaganda Rusia di Republik Ceko adalah untuk menabur keraguan ke dalam pikiran orang-orang bahwa demokrasi adalah sistem terbaik untuk mengatur negara, untuk membangun citra negatif dari Uni Eropa dan NATO, dan untuk mencegah orang dari partisipasi dalam proses demokrasi," kata Tomáš Prouza, sekretaris negara pemerintah Republik untuk urusan Eropa.

Unit baru bentukan pemerintah itu akan menjadi bagian dari Kementerian Dalam Negeri Ceko akan mulai beroperasi pada 1 Januari dengan 20 spesialis penuh waktu. Mereka akan berbasis di gedung yang digunakan sebagai pusat interogasi oleh polisi rahasia rezim komunis selama perang dingin.

Para ahli akan meneliti disinformasi dan berusaha untuk melawan itu, melalui akun Twitter berdedikasi dan bagian baru dari situs Kementerian interior dikhususkan untuk berkomunikasi dari sudut pandang pemerintah. Pusat ini juga akan melatih PNS untuk menghindari pemerasan dan menolak lobi asing. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA