Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

G7 Sepakat Isolasi Assad Dan Tekan Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 11 April 2017, 18:13 WIB
G7 Sepakat Isolasi Assad Dan Tekan Rusia
Pertemuan G7/Reuters
rmol news logo Kelompok tujuh kekuatan global utama dunia atau G7 ikut bergabung dengan sekutu Timur Tengah untuk memberikan dorongan untuk mengisolasi Presiden Suriah Bashar al-Assad (Selasa, 11/4).

Komitmen itu dinyatakan oleh tujuh Menteri Luar Negeri G7 dalam pertemuan dengan sekutu-sekutu dari Turki, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Yordania dan Qatar hari ini di Lucca Italia.

Seluruh perwakilan negara Timur Tengah yang hadir dalam pertemuan itu diketahui merupakan penentang Assad dalam kepemimpinan di Suriah.

Para pemimpin dalam pertemuan itu sepakat bahwa tekanan perlu dibangun bagi Presiden Rusia Vladimir Putin untuk memutuskan hubungan dengan Assad.

Sebelum pertemuan G7, diketahui bahwa awal pekan ini, Perdana Menteri Inggris Theresa May berbicara dengan Presiden AS Donald Trump dan keduanya sepakat untuk membujuk Rusia untuk memutuskan hubungan dengan Assad.

Juga di hari yang sama, Inggris dan Kanada mengatakan sanksi bisa diperketat di Moskow jika terus mendukung Assad.

Sementara Presiden Trump sendiri juga telah berbicara melalui telepon dengan Kanselir Jerman Angela Merkel tentang serangan AS di pangkalan udara Suriah pekan lalu.

"Saya pikir kami harus menunjukkan posisi bersatu dan bahwa dalam negosiasi ini kita harus melakukan semua yang kami bisa untuk mendapatkan Rusia dari sudut Assad, setidaknya ke titik bahwa mereka siap untuk berpartisipasi dalam mencari solusi politik," kata Menteri Luar Negeri Jerman Sigmar Gabriel.

"Ini adalah saat yang tepat untuk berbicara tentang ini, bagaimana masyarakat internasional, dengan Rusia, Iran, Arab Saudi, Eropa, dengan AS, dapat mendorong maju proses perdamaian untuk Suriah dan menghindari eskalasi militer lebih lanjut dari konflik," sambungnya seperti dimuat Reuters. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA