Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wayang Kulit Indonesia Dipamerkan Di Hongaria

Rabu, 12 April 2017, 09:44 WIB
Wayang Kulit Indonesia Dipamerkan Di Hongaria
Foto: Pensosbud KBRI Budapest
rmol news logo Arjuna, Srikandi, Krisna, Nakula dan Sadewa adalah sedikit dari tokoh-tokoh wayang koleksi KBRI Budapest yang dipamerkan pada International Shadow Puppets Festivals 'Karakulit 2017' di Müvészetek és Irodalom Haza, kota Pécs, Hongaria, Senin (10/3) lalu. 

Pameran yang diprakarsai oleh MarkusZinhaz itu secara resmi dibuka oleh Duta Besar RI untuk Hongaria, Y.M Wening Esthyprobo Fatandari dan akan berlangsung selama satu bulan bersama-sama dengan koleksi wayang dari China, Turki, India dan Hongaria yang dipamerkan di berbagai museum di kota Pécs.

"Wayang kulit atau Shadows Puppets sudah dipertunjukkan di Indonesia sejak abad ke-9," ujar Dubes Wening dalam pidato pembukaannya di depan pecinta wayang di Pécs sebagaimana rilis dari Pensosbud KBRI Budapest.

Hal ini dapat dilihat dari prasasti Galigi Mawayang yang diperkirakan ditulis pada tahun 930 M, di mana pada saat itu cerita wayang yang sering dipertunjukan adalah tokoh Bima yang menggambarkan ksatria tangguh. Sejak saat itu, lanjut Dubes Wening, wayang menjadi sebuah seni pertunjukan yang menjadi nafas budaya seiring dengan berkembangnya zaman.

"Dan dengan bangga kami sampaikan bahwa sama halnya seperti Batik, pada 7 November 2003, Wayang Kulit juga telah diakui sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity atau warisan mahakarya dunia dari Indonesia oleh Unesco. pengakuan ini mempertebal rasa kebanggaan Indonesia," kata Dubes Wening.
 
Pameran wayang Internasional di kota Pecs kali ini merupakan pameran wayang pertama yang diadakan oleh MarkusZinhaz, sebuah yayasan non-profit yang beranggotakan penggemar wayang dari seluruh dunia. 

Sebelumnya MarkusZinhaz telah menyelenggarakan beberapa kali festival boneka internasional di kota Pécs. Khusus untuk pameran koleksi Indonesia, MarkusZinhaz juga meminjam berbagai koleksi wayang Dus Polett, seorang pedalang warga negara Hongaria yang jatuh cinta kepada wayang saat menempuh program Darmasiswa, beasiswa pendidikan budaya dua semester di Indonesia.
 
Tim Budaya KBRI Budapest turut memeriahkan acara pembukaan Pameran Wayang Internasional ini dengan mempersembahakn tarian tradisional Jawa yang selaras dengan nafas pameran serta menyuguhkan kudapan khas Indonesia.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA