Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rumania Setujui Dukungan Finansial Untuk Korban Selamat Holocaust

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 19 Mei 2017, 20:19 WIB
rmol news logo Parlemen Rumania telah menyetujui undang-undang yang mengizinkan dukungan keuangan langsung kepada korban selamat Holocaust di bekas negara sekutu Nazi selama Perang Dunia Kedua.

Pembuat undang-undang Silviu Vexler pada Jumat (19/5) mengatakan bahwa penerima manfaat akan mencakup orang-orang yang dideportasi ke kamp ghetto atau konsentrasi, orang-orang yang selamat dari kereta api dan aborsi pekerja paksa, pengungsi dan orang-orang yang dipenjara karena alasan etnis atau dikeluarkan secara paksa dari rumah mereka.

"Hukum ini adalah tindakan simbolis untuk lebih mengenali penderitaan mengerikan orang-orang yang telah melewati saat-saat paling gelap," kata Vexler, yang mewakili Federasi Komunitas Yahudi di Rumania, sebagaimana dimuat Reuters.

Undang-undang tersebut akan menetapkan pembayaran bulanan sampai 400 lei atau setara dengan 97,98 dolar AS per bulan untuk setiap tahun deportasi atau penahanan.

Langkah ini akan diberlakukan mulai 1 Juli mendatang.

Ketentuannya juga berlaku untuk orang-orang yang selamat dari Holocaust yang tidak memiliki kewarganegaraan Rumania atau tinggal di negara tersebut, dan juga pasangan hidup korban Holocaust yang meninggal jika mereka tidak menikah lagi.

Belum jelas berapa banyak orang yang memenuhi syarat untuk mendapatkan pembayaran atau berapa biaya totalnya ke negara Rumania.

Namun diketahui bahwa Rumania adalah sekutu Nazi Jerman sampai Agustus 1944 ketika berganti sisi menjadi sekutu, dan sebagian besar harta Yahudi yang disita selama perang kemudian dinasionalisasi oleh kediktatoran komunis yang mengikutinya.

Sebuah komisi internasional, dalam laporan tahun 2004, menempatkan jumlah total orang Yahudi Rumania dan Ukraina yang tewas di wilayah-wilayah di bawah administrasi Rumania di 280.000 sampai 380.000. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA