Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Rayakan Hari Merdeka, KBRI Budapest Gelar Lomba Essay Buat Warga Hongaria

LAPORAN:
  • Jumat, 18 Agustus 2017, 07:31 WIB
Rayakan Hari Merdeka, KBRI Budapest Gelar Lomba Essay Buat Warga Hongaria
Wening Esthyprobo bersama tiga pemenang lomba mengarang essay/KBRI Budapest
Untuk pertama kalinya Lomba Mengarang Essay bertema “Indonesia, Unity in Diversity” digelar oleh KBRI Budapest.

Nama-nama Matuszka Nikolett, Vivien Mihaly dan Kovagö David dari  SLTA Szeged dan Szolnok mengumandang di udara saat upacara HUT ke-72 Republik Indonesia.

Duta Besar RI memberikan piala serta hadiah lainnya kepada  tiga pemenang tersebut. Tidak hanya Piala, Dubes juga  memberi piagam penghargaan kepada warga negara Hongaria "sahabat Indonesia" yang dinilai  berjasa serta banyak membantu promosi budaya Indonesia.

"Rasa cinta dan kekaguman kaum muda Hongaria terhadap Indonesia harus kita pupuk sejak dini," ujar Dubes Wening Esthyprobo sebagaimana rilis Pensosbud KBRI Budapest yang diterima redaksi di Jakarta, pagi ini (Kamis, 18/8).   

Dubes Wening menceritakan, dua tahun terakhir ini, dirinya sudah menggaet perhatian mereka melalui program  Indonesia Goes To School (IGTS), berupa kunjungan ke sekolah dengan membawa serta tim budaya dan kuliner di berbagai SLTA di Hongaria.  

Tidak berhenti di situ, Dubes Wening melanjutkan minat murid-murid tersebut dengan kegiatan Lomba Mengarang  Essay. Lomba yang baru pertama kalinya diselenggarakan ini dimaksudkan untuk memupuk bakat menulis sekaligus mendorong keinginan tahuan murid-murid tersebut tentang Indonesia, sebuah negara kepulauan tersebesar di dunia yang secara geografis terletak sangat jauh dari Hongaria.

Call for papers untuk Essay writing contest sudah dibuka sejak bulan April 2017 dan berakhir pada Juli 2017, ditujukan kepada 15 SLTA yang telah dikunjungi oleh program IGTS, dan dari total 15 tulisan yang masuk, telah terpilih tiga pemenang.

Adapun sahabat Indonesia yang meraih penghargaan, antara lain Direktur Summerfest Szashalombatta, Szigetvari Joszef, yang setiap tahun mengundang grup kesenian Indonesia untuk tampil di festivalnya, Viszt Viktor; Stage Director Babel Sound Festival, Viszt Viktor yang selama 2 tahun berturut-turut menyediakan tenda budaya Indonesia yang menggelar permainan Gamelan dan workshop tari Indonesia selama satu minggu lamanya, serta pengurus  Rondella Gallery yang membantu menyediakan hall untuk acara pameran  foto karya Mario Blanco di kota Esztergom, Hongaria.[wid]


EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA