Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Netanyahu: Israel Tak Terlibat Referendum Kurdi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 02 Oktober 2017, 04:47 WIB
Netanyahu: Israel Tak Terlibat Referendum Kurdi
Benyamin Netanyahu/Net
rmol news logo Israel tidak memiliki hubungan dengan referendum Kurdi kecuali rasa simpati alami selama bertahun-tahun untuk orang-orang Kurdi dan aspirasi mereka.

Begitu dikatakan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu seperti dimuat Sputnik, Senin (2/10).

Presiden Turki, Recep Tayyep Erdogan sebelumnya menuding Israel melalui badan intelijennya, Mossad, ikut bermain dalam referendum Kurdi.

Tudingan tersebut lantaran ada bendera Israel yang berkibar pada saat perayaan kemenangan referendum kemerdekaan.

"Ini menunjukkan satu hal, bahwa pemerintahan ini (di Irak utara) memiliki sejarah dengan Mossad, mereka saling terkait," kata Erdogan di Erzurum, di Turki timur.

Referendum kemerdekaan di Kurdistan Irak diadakan Senin. Menurut hasil resmi Komisi Independen Pemilu dan Referendum Kurdistan, 92,7 persen pemilih memberikan suara mereka untuk mendukung kemerdekaan dari Irak.

Pemungutan suara kemerdekaan banyak dikritik tidak hanya oleh pemerintah pusat Irak, tapi juga oleh Iran, Turki dan sejumlah negara lain dan organisasi internasional.

Israel menjadi satu-satunya negara yang secara terbuka mendukung negara Kurdi yang independen, dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan mendukung upaya sah orang-orang Kurdi untuk mencapai keadaannya sendiri. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA