Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mantan Raja Rumania Meninggal Dunia Di Usia 96 Tahun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 06 Desember 2017, 13:15 WIB
Mantan Raja Rumania Meninggal Dunia Di Usia 96 Tahun
Raja Michael I/BBC
rmol news logo Mantan Raja Rumania Michael I meninggal dunia di Swiss pada usia 96 tahun. Ia menghembuskan napas terakhirnya, satu tahun setelah didiagnosis menderita kanker.

Raja Michael diketahui memerintah Rumania dua kali, yakni dari tahun 1927 sampai 1930 dan kemudian dari tahun 1940 sampai 1947, sebelum pemerintah komunis mengakhiri monarki.

Dikabarkan BBC, dia adalah salah satu pemimpin Perang Dunia Kedua yang terakhir bertahan, namun menjalani sebagian besar hidupnya di pengasingan.

Dia paling diingat karena perannya dalam membuat Rumania mengubah sisi, dari Nazi ke Sekutu, pada bulan Agustus 1944.

Kematian Raja Michael yang merupakan sepupu Ratu Elizabeth II diumumkan oleh keluarganya di rumahnya di tepi Danau Jenewa pada hari Selasa (5/12).

Dia telah sakit selama beberapa waktu dan tidak dapat menghadiri pemakaman istrinya, Ratu Anne, di Rumania tahun lalu.

Michael baru berusia lima tahun saat dia naik tahta untuk pertama kalinya pada tahun 1927. Ayahnya, Carol, telah melepaskan haknya atas tahta dan meninggalkan Rumania beberapa tahun sebelumnya di tengah skandal perselingkuhan.

Ayahnya kembali pada tahun 1930, dan menggantikan Raja Michael sebagai raja.
Namun Raja Carol II digulingkan pada tahun 1940 oleh sebuah pemerintahan militer yang dipimpin oleh Irigasi Antonescu dan putranya sekali lagi merebut takhta.

Pada tahun 1944, Raja Michael yang berusia 22 tahun terlibat dalam sebuah kudeta melawan Antonescu dan memihak Rumania dengan Sekutu.

Setelah Perang Dunia Kedua, Michael dipaksa untuk turun tahta oleh komunis negara tersebut, yang memerintah sampai revolusi tahun 1989.

Pada tahun 1948, ia menikahi Anne dari Bourbon-Parma, yang ia temui di pernikahan masa depan Ratu Elizabeth II dan Duke of Edinburgh di London pada tahun 1947. Kewarganegaraan Rumania Raja Michael dipulihkan pada tahun 1997. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA