Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Geser Sosialis, Calon Konservatif Menangkan Pemilu Presiden Chile

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 18 Desember 2017, 08:50 WIB
Geser Sosialis, Calon Konservatif Menangkan Pemilu Presiden Chile
Sebastián Piñera/BBC
Seorang miliarder konservatif yang juga adalah mantan presiden, Sebastián Piñera, kembali memenangkan pemilihan presiden Chile yang sedang berlangusung.

Lawan sayap kirinya Alejandro Guillier telah mengakui kemenangan dan mengucapkan selamat kepada Piñera atas kemenangannya tersebut.

Kendati hasil akhir belum resmi diumumkan dan perhitungan suara masih dilakukan, namun Piñera sudah mengantongi lebih dari 54 suara dari lebih 98 persen suara yang dihitung.

Dalam pemilihan presiden kemarin, sekitar 14 juta orang berhak memilih dalam pemungutan suara, termasuk orang Chile yang tinggal di luar negeri untuk pertama kalinya.

Kemenangan Piñera ini merupakan pergeseran pemerintahan Chile dari yang saat ini dipimpin oleh Presiden Sosialis Michelle Bachelet ke arah konservatif. Bachelet sendiri diketahui mendukung Guillier.

Piñera yang pernah menjabat sebagai orang nomor satu Chile dari tahun 2010 sampai 2014 mendapat dukungan dari komunitas bisnis dan berjanji akan menurunkan pajak agar ekonomi tumbuh kembali.

Selama kampanyenya, dia berjanji untuk mengendalikan reformasi yang dibawa oleh Presiden Bachelet, sementara lawannya, Guillier, sebaliknya, berkampanye di belakang warisan Bachelet.

Sementara agenda progresif Bachelet telah memenangkan pujian di luar negeri, popularitasnya menurun drastis selama masa jabatan keduanya, karena skandal korupsi 2015 yang melibatkan menantunya.

Tahun ini, Bachelet menghadapi oposisi konservatif untuk berhasil memudahkan undang-undang anti-aborsi ketat Chile.

Kritikus konservatif mengatakan bahwa Bachelet mendorong reformasinya terlalu jauh. Dia tidak dapat memilih kembali pemilihan di bawah konstitusi negara tersebut. Demikian seperti dimuat BBC. [mel]
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA