Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Skandal Rasisme H&M, Keluarga Model Cilik Ini Terpaksa Pindah Rumah

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 17 Januari 2018, 11:30 WIB
Skandal Rasisme H&M, Keluarga Model Cilik Ini Terpaksa Pindah Rumah
H&M/Net
Masalah H&M yang dinilai rasis setelah mempublikasikan iklan pakaian terbaru dengan menggunakan model anak berkulit hitam dengan baju model hoodie bertuliskan "Monyet Paling Keren Di Hutan", berbuntut panjang.

Sang model cilik yang diketahui bernama Liam Mango ikut menanggung beban dari masalah tersebut. Keluarganya terpaksa pindah rumah di Swedia untuk alasan keamanan.

Banyak pihak yang marah saat ibu Liam, yakni Terry Mango membela merek tersebut dan meminta orang untuk berhenti menyoroti hal tersebut.

"Saya menghormati pendapat orang lain mengenai masalah ini, saya tahu ada rasisme, tapi apakah kemeja saya berbicara rasisme? Tidak, tidak," katanya kepada BBC.

Meskipun Mangga telah menjadi korban rasisme dan mengakui bahwa ini adalah masalah besar, dia diserang oleh orang kulit hitam lainnya karena tidak mengutuk H&M.

"Saya menjual kepada mereka, saya memalukan orang-orang kulit hitam dan Afrika-Amerika. Saya menjual anak saya untuk uang," katanya.

Keluarga tersebut telah pindah dari rumah mereka di Stockholm menyusul masalah keamanan. Kendati tidak menjelaskan secara detil, namun dia menyebut bahwa serangan terhadap toko-toko H&M di dan sekitar Johannesburg adalah salah satu alasan untuk pindah. [mel]

ARTIKEL LAINNYA