Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anak-anak Rusia Antusias Belajar Gamelan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 07 Februari 2018, 19:31 WIB
Anak-anak Rusia Antusias Belajar Gamelan
RMOL
rmol news logo Anak-anak Rusia yang masih duduk di bangku sekolah dasar di Star City, Moscow Region menggandrungi permainan gamelan.

Meski baru tiga kali mengikuti latihan di KBRI Moskow, mereka sudah piawai dalam memainkan alat musik tradisional Indonesia itu.

"Permainan alat musik ini menarik, dan saya sangat senang dapat memainkan gamelan. Baru tiga kali latihan saya dan teman-teman sudah bisa memainkannya," kata Aleksey, siswa kelas empat Sekolah Dasar Musik Star City di KBRI Moskow, Selasa waktu setempat (6/2).

Semangat yang besar ditunjukkan siswa-siswi sekolah dasar tersebut. Jarak ke KBRI Moskow yang cukup jauh dari Star City sekitar 45 kilometer dengan waktu tempuh sekitar dua jam ditambah Moskow sedang dilanda hujan salju tidak mematahkan semangat mereka untuk berlatih gamelan.

Star City merupakan tempat pelatihan rumah para kosmonot yang dibuat era Uni Soviet. Saat ini, Star City masih dianggap sebagai kota tertutup, dan Yuri Gagarin manusia pertama yang pergi ke luar angkasa pernah tinggal di kota ini.

Siswa-siswi SD Musik Star City bergabung dan berlatih di KBRI Moskow sebulan lalu. Latihan digelar setiap hari Sabtu dengan dihadiri 35-40 orang, 20 orang di antaranya siswa-siswi yang sangat aktif bermain gamelan sedangkan yang lain adalah orang tua mereka dan pendamping dari sekolah.

Dalam kesempatan itu, Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus M. Wahid Supriyadi mengapresiasi minat besar anak-anak Rusia untuk bermain gamelan. Upaya itu sebagai bagian dari pengenalan budaya Indonesia kepada masyarakat Rusia, khususnya sejak usia dini. Kegiatan itu juga sebagai langkah bagus untuk lebih mendekatkan hubungan kedua negara.

"Siswa-siswi ini sudah bisa memainkan gamelan meskipun baru beberapa kali latihan. Kita bisa tampilkan dalam Festival Indonesia ketiga di Moskow pada 3-5 Agustus 2018 mendatang," jelas Dubes Wahid. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA