Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemimpin Kurdi Suriah Ditangkap Di Ceko, Turki Minta Ekstradisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 26 Februari 2018, 06:49 WIB
Pemimpin Kurdi Suriah Ditangkap Di Ceko, Turki Minta Ekstradisi
Saleh Muslim/BBC
rmol news logo Seorang pemimpin Kurdi-Suriah yang terkenal telah ditangkap di ibukota Ceko, Praha akhir pekan kemarin. Penangkapan itu dilakukan atas sebuah surat perintah yang dikeluarkan oleh Turki.

Pemipin Kurdi itu adalah Saleh Muslim. Dia merupakan mantan ketua ketua gerakan Suriah-Kurdi, Partai Persatuan Demokratik (PYD).

Kementerian Peradilan Turki mengatakan telah memulai upaya untuk mengekstradisi Muslim dari Ceko.

Turki memandangnya sebagai teroris dan telah menawarkan 1 juta dolar AS untuk penangkapannya. Dia telah didakwa atas pemboman Februari 2016 di Ankara yang menargetkan sebuah konvoi bus di markas militer pada jam sibuk malam hari dan menewaskan 37 orang.

"Setelah menemukan orang yang dimaksud berada di Republik Ceko, (Turki) menuntut agar dia ditangkap dan diekstradisi," kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan seperti dimuat BBC.

Pemerintah Turki menganggap PYD sebagai cabang dari kelompok PKK bersenjata. Turki juga melihat PYD dan milisi yang terkait, YPG, sebagai teroris.

Turki saat ini melakukan sebuah kampanye militer besar melawan pejuang Kurdi Suriah di wilayah Afrin, Suriah utara. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA