Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penemu Lubang Hitam, Stephen Hawking Tutup Usia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Rabu, 14 Maret 2018, 12:44 WIB
Penemu Lubang Hitam, Stephen Hawking Tutup Usia
Stephen Hawking/Net
rmol news logo Fisikawan terkemuka yang terkenal dengan penemu teori lubang hitam, Stephen Hawking meninggal dunia di Cambridge, Inggris, pada hari ini, Rabu (14/3). Hawking meninggal dunia pada usia 76 tahun.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Kami sangat sedih karena ayah tercinta kami telah meninggal dunia hari ini,” ujar anak Hawking, Lucy seperti dikutip dari BBC.

Semasa hidupnya, Hawking dikenal sebagai orang pertama yang mengemukakan teori kosmologi. Dia menggabungkan relativitas dengan mekanika kuantum.

Selain itu, Hawking juga dikenal sebagai penemu bahwa lubang hitam (black holes) bocor dan memudar. Fenomena ini dalam dunia fisika dikenal dengan radiasi Hawking.   

Melalui karyanya dengan ahli matematika Sir Roger Penrose, pria yang lahir di Oxford 8 Januari 1942 itu mendemonstrasikan bahwa Teori Relativitas Umum Einstein menyiratkan ruang dan waktu akan dimulai di Big Bang dan diakhiri dengan lubang hitam.

Buku Hawking berjudul A Brief History of Time yang diterbitkan pada tahun 1988 telah terjual hingga 10 juta eksemplar. Lewat buku ini, Hawking berusaha menjelaskan berbagai hal dalam kosmologi, termasuk ledakan besar, lubang hitam, dan kerucut cahaya untuk pembaca awam

Hawking menderita penyakit langka yang menyerang motor neuronnya pada usia 22 tahun. Penyakit itu membuatnya harus berada di kursi roda. Dia juga tidak dapat berbicara, kecuali melalui synthesizer suara.

Kisah hidup Hawking telah diangkat ke layar lebar dengan judul The Theory of Everything yang dirilis tahun 2014. Dalam film ini, peran Stephen Hawking dibintangi oleh Eddie Redmayne. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA