Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Siap-Siap Donald Trump Bakal Ngomel Lagi

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/mega-simarmata-5'>MEGA SIMARMATA</a>
OLEH: MEGA SIMARMATA
  • Kamis, 15 Maret 2018, 14:25 WIB
Siap-Siap Donald Trump Bakal Ngomel Lagi
Donald Trump/Net
PRESIDEN Amerika Serikat yang satu ini memang unik. Siapa lagi kalau bukan Donald J. Trump.

Ia diinagurasi tanggal 20 Januari 2017 sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke 45. Tapi bisakah dibayangkan, negara adidaya seperti Amerika, pemerintahannya bisa dikerjain oleh Kongres mereka sendiri.

Sampai lebih dari tiga bulan setelah Donald Trump diinagurasi, belum semua menteri dalam kabinetnya bisa duduk di meja kerja mereka masing-masing karena proses konfirmasi (persetujuan) di Kongres tak kunjung didapat.
Sebab, sepanjang calon menteri itu belum mendapat konfirmasi (persetujuan) dari Senat maka mereka tidak bisa dilantik.

Partai Demokrat sebagai lawan politik dari Partai Republik yang mengusung Presiden Donald Trump, memang sengaja menentang apa saja program dan usulan dari Pemerintahan Donald Trump.

Termasuk sengaja menunda untuk memberikan persetujuan pada anggota kabinet Trump  sampai tiga bulan pasca Donald Truml diinagurasi.

Maka tahun lalu, Donald Trump pernah ngomel di twitternya. "Saya menjadi satu satunya Presiden Amerika yang bernasib buruk dalam sejarah karena sampai hampir 3 bulan setelah inagurasi, semua menteri menteri saya belum bisa bekerja karena ulah Partai Demokrat di Kongres".

Sekarang, tampaknya, Donald Trump pun harus siap-siap ngomel lagi.
Karena dua pejabat yang diusulkannya yaitu Mike Pompeo dinominasikan sebagai Menteri Luar Negeri dan Gina Haspel untuk menjabat Direktur CIA, belum apa-apa sudah menuai pro dan kontra.

Bahkan sudah mulai dikecam oleh sejumlah anggota Kongres.

Dan sialnya, jumlah yang kontra lebih banyak, dibandingkan yang pro atau mendukung.

Kelompok Anggota Senat yang kontra mengancam akan memberikan kata NO saat nanti voting di Senat untuk pemilihan kedua pejabat Donald Truml yaitu calon Menlu dan Calon Direktur CIA.

Dua senator yang sudah menyatakan akan menolak pencalonan pejabat yang kali ini diusulkan Donald Trump adalah John McCain dan Rand Paul.

Jika nanti calon Menlu dan calon Direktur CIA ditunda konfirmasinya sampai berbulan-bulan (seperti kejadian tahun lalu terhadap sejumlah calon menteri usulan Donald Trump), atau bila ditolak mentah-mentah oleh Senat, maka bisa jadi Donald Trump akan ngomel-ngomel lagi seperti tahun lalu.

Bahwa dia adalah presiden Amerika yang bernasib paling buruk dalam sejarah.

Fit and proper test bagi calon Menlu Mike Pompeo dan calon Direktur CIA Gina Haspel akan dilangsungkan pada pekan pertama bulan April 2018.

Keduanya akan menjalani fit and proper test di Komite yang sama yaitu Komite Intelijen Senat.[***]

Penulis merupakan wartawan senior

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA