Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jajaki Pembicaraan Dengan AS, Diplomat Senior Korut Terbang Ke Finlandia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 19 Maret 2018, 09:55 WIB
Jajaki Pembicaraan Dengan AS, Diplomat Senior Korut Terbang Ke Finlandia
Choe Kang Il/Reuters
rmol news logo Seorang diplomat senior Korea Utara berangkat ke Finlandia pada hari Minggu (18/3) untuk melakukan pembicaraan dengan mantan pejabat Amerika Serikat dan pejabat Korea Selatan.

Dimuat kantor berita Korea Selatan, Yonhap, Choe Kang Il, wakil direktur jenderal untuk urusan Amerika Utara di Kementerian Luar Negeri Korea Utara, berencana untuk menghadiri "perundingan 1,5 jalur", yang mencerminkan adanya kontak yang direncanakan antara mantan pejabat Amerika Serikat dan orang-orang Korea Utara saat ini dalam upaya yang lebih luas untuk mengakhiri kebuntuan atas program senjata Korea Utara.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Korea Utara akan berpartisipasi dalam pertemuan yang diikuti oleh mantan pejabat Korea Selatan dan akademisi namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Perundingan di Finlandia akan menambah kesibukan aktivitas diplomatik menjelang KTT Korea Utara yang diusulkan dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat yang dijadwalkan akan digelar pada April dan Mei mendatang.

Choe sendiri menolak berkomentar saat berada di bandara Beijing dalam perjalanannya ke Finlandia. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA