Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Uji Rudal Rusia Bikin Sebagian Laut Baltik Ditutup

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 05 April 2018, 13:49 WIB
Uji Rudal Rusia Bikin Sebagian Laut Baltik Ditutup
Uji coba di Laut Baltik/Reuters
. Rusia mulai menguji rudal dengan bom hidup di Laut Baltik pekan ini (Rabu, 4/4).

Langkah tersebut mengkhawatirkan Latvia yang merupakan anggota NATO dan terletak di dekat wilayah tersebut. Pemerintah Latvia mengatakan bahwa latihan yang dilakukan oleh Rusia itu telah memaksa sebagian untuk menutup wilayah udara komersial Baltik.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan awal pekan ini bahwa Armada Baltik, yang berbasis di eksklave Eropa Kaliningrad, sedang mempersiapkan pelatihan rutin di Laut Baltik, termasuk latihan pemadam kebakaran untuk berlatih memukul target udara dan laut.

"Ini adalah demonstrasi kekuatan," kata Perdana Menteri Latvia Maris Kucinskis kepada Reuters.

"Sulit untuk memahami bahwa itu bisa terjadi begitu dekat dengan negara (kami)," tambahnya.

Tes-tes tersebut dilakukan di zona ekonomi eksklusif Latvia, di wilayah laut di luar perairan teritorial Latvia di mana Latvia memiliki hak ekonomi khusus, serta lebih jauh ke barat di Laut Baltik.

Latvia juga telah menutup beberapa wilayah udaranya selama tiga hari tes, dan Swedia juga mengeluarkan peringatan untuk lalu lintas laut sipil dan mengatakan mungkin ada penundaan dan gangguan terhadap lalu lintas udara sipil.

Tes rudal dan latihan militer mengikuti pertandingan perang besar-besaran Rusia September lalu, yang membentang dari Baltik ke Laut Hitam. Latihan itu membuat Barat takut karena skala, ruang lingkup, dan apa yang dikatakan NATO adalah kurangnya transparansi. [mel]

ARTIKEL LAINNYA