FBI Pecahkan Misteri Kepala Mumi Berusia 4.000 Tahun

Sabtu, 07 April 2018, 10:12 WIB
Laporan: Amelia Fitriani

Kepala mumi misterius/CNN

FBI berhasil memecahkan misteri identitas sebuah mumi berusia 4.000 tahun. Hal itu dilakukan setelah FBI mengekstraksi DNA dari gigi mumi tersebut.

Sejak 1915, ketika kepala mumi yang terputus ditemukan di sudut sebuah makam yang dirampok di pekuburan Mesir kuno Deir el-Bersha, para arkeolog telah bingung tentang identitasnya. Meskipun mengartikan bahwa makam itu milik seorang gubernur bernama Djehutynakht dan istrinya, najun para arkeolog masih mencari tahu siapa pemilik kepala tersebut.

"Kami tidak pernah tahu apakah itu Djehutynakht atau istri Djehutynakht," kata Rita Freed, kurator di Boston Museum of Fine Arts (MFA), yang telah menyimpan seluruh isi makam sejak tahun 1920

Sekarang, hampir 100 tahun kemudian, berkat penelitian oleh FBI yang diterbitkan bulan lalu di jurnal Gen, mereka dapat secara definitif mengatakan bahwa kepala adalah laki-laki dan bahwa itu milik gubernur itu sendiri.

Bagi Freed, ini bukan hanya menandai puncak teka-teki arkeologi abad-tua, tetapi juga merupakan bukti kemajuan teknologi dalam pengujian DNA.

"Kami sekarang tahu FBI telah mengembangkan teknik untuk merekonstruksi DNA yang paling terdegradasi. Jika mereka dapat merekonstruksi DNA dari gigi berusia 4.000 tahun, mereka dapat merekonstruksi dari apa saja," katanya seperti dimuat CNN. [mel]

Kolom Komentar


Video

PA 212 Ancam Gelar Revolusi Jika Pemerintah Jadi Dalang Korupsi

Sabtu, 22 Februari 2020
Video

Gedung DPR Kebakaran

Senin, 24 Februari 2020