Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Al Gore: Perubahan Iklim Terburuk Dirasakan Orang Kulit Hitam Dan Orang Miskin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Sabtu, 28 April 2018, 13:27 WIB
Al Gore: Perubahan Iklim Terburuk Dirasakan Orang Kulit Hitam Dan Orang Miskin
Al Gore/Net
rmol news logo Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Al Gore yang kini menjadi advokat perubahan iklim, memperingatkan bahwa krisis mendalam suhu global dan kenaikan permukaan laut akan semakin mempengaruhi orang kulit hitam dan orang miskin lebih dari yang lain.

Berbicara di pembukaan monumen nasional baru dan museum yang mencatat sejarah kekerasan lynching dan rasial Amerika di Montgomery, Alabama, Gore mengatakan bahwa AS diperkirakan akan melihat lebih banyak bencana besar dari sejenis Hurricanes Harvey, Irma dan Maria musim panas lalu.

"Yang paling rentan terhadap kerusakan dan penderitaan adalah orang Amerika yang miskin dan lebih tua, bayi dan anak-anak, dan orang Amerika keturunan Afrika, yang hidup dalam jumlah besar di daerah perkotaan di mana pengaruh pulau panas meningkatkan suhu klimaks," jelasnya seperti dimuat The Guardian.

Dia menambahkan bahwa sata ini ada hampir delapan dari 10 orang Afrika Amerika hidup dalam 30 mil dari pabrik pembakaran batu bara. Akibatnya mereka tiga kali lebih mungkin meninggal akibat polusi udara daripada keseluruhan populasi AS, dan anak-anak kulit hitam menderita dua kali tingkat asma dengan 10 kali lipat tingkat kematian penderita asma.

Mantan wakil presiden untuk Bill Clinton itu meminta para pendengarnya untuk tetap berharap bahwa sesuatu masih bisa dilakukan untuk memerangi perubahan iklim di AS dan di wilayah lain di bumi. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA