Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mengenal Lebih Dekat Limusin Baru Putin Di Upacara Pelantikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 08 Mei 2018, 10:11 WIB
Mengenal Lebih Dekat Limusin Baru Putin Di Upacara Pelantikan
Limusin yang ditumpangi Putin/RT
rmol news logo Salah satu hal yang menarik perhatian saat upacara pelantikan Valdimir Putin sebagai Presiden Rusia untuk periode selanjutnya awal pekan ini adalah kendaraan yang ditumpanginya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Untuk pertama kalinya, dia memamerkan kepada publik mobil negara baru limusin buatan dalam negerinya.

Limusin itu dikembangkan dalam sebuah program yang disebut "Kortezh" yang dibuat Putin sejak tahun 2012 lalu. Limusin ini diproduksi oleh lembaga penelitian Rusia yang dikenal dengan akronim NAMI, dan akan didistribusikan dalam kemitraan dengan produsen mobil Rusia Sollers. Limusin ini sengaja dikembangkan Rusia untuk para pejabat tinggi negara.

Limusin baru ini ditetapkan untuk menjadi pewaris sedan ZIL buatan Rusia yang selama beberapa dekade mengangkut para pemimpin Soviet.

Proyek Kortezh ini dibuat untuk menggantikan mobil Jerman yang sebelumnya digunakan pejabat tinggi Rusia.

Rusia diketahui tidak menggunakan mobil yang diproduksi di dalam negeri untuk transportasi pejabat senior sejak zaman Soviet.

Namun Putin memuat gebrakan baru dengan membentuk proyek Kortezh untuk menunjukkan kemampuan teknologi dan industri Rusia. Proyek ini sekaligus merupakan upaya Rusia untuk mengurangi ketergantungannya pada barang dan teknologi impor.

Beberapa tamu tampak bertepuk tangan saat melihat mobil yang membawa Putin tidak jauh dari kantornya ke aula Kremlin untuk pelantikan Senin kemarin (7/5).

Putin telah di masa lalu secara terbuka mendorong mobil buatan Rusia di depan kamera televisi dalam upaya untuk memelihara patriotisme dan mendukung industri otomotif domestik.

Menteri Perdagangan Denis Manturov mengatakan pejabat negara akan dapat beralih ke kendaraan Kortezh ketika cukup banyak dari kendarana tersebut tersedia.

Kementerian Perdagangan mengatakan mobil-mobil itu akan dipasarkan di bawah merek Aurus dan tersedia untuk dijual mulai awal 2019.

Dalam pidato pelantikannya, seperti dimuat Reuters, Putin mengatakan inovasi dan penelitian teknologi sangat penting bagi masa depan Rusia untuk mengikuti perubahan global. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA